Analisis Kualitas Buku Teks Akuntansi SMA Berdasarkan Taksonomi Bloom

Published: 7 December, 2016

Kusumanigdyah, Agustin Arum.2016. Analisis Kualitas Buku Teks Akuntansi SMA Berdasarkan Taksonomi Bloom. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I):Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed, Pembimbing (II):Sulastri, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci : Kualitas Buku Teks Akuntansi SMA, Taksonomi Bloom

Buku teks dapat dikatakan berkualitas jika penyajian isinya dilihat dari aspek tujuan pembelajaran, aspek materi pembelajaran, dan aspek latihan soal mampu mengadopsi semua tingkatan ranah kognitif Taksonomi Bloom meliputi aspek mengingat (C1), aspek memahami (C2), aspek mengaplikasikan (C3), aspek menganalisis (C4), aspek mengevaluasi (C5), dan aspek mencipta (C6). Banyaknya buku teks Akuntansi SMA baik berbasis KTSP maupun Kurikulum 2013 yang beredar saat ini tidak menjamin keseluruhan isi buku telah mencakup semua tingkatan ranah kognitif level rendah (C1-C3) sampai dengan level tinggi (C4-C6). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas buku teks akuntansi SMA ditinjau dari Taksonomi Bloom.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Objek penelitian ini adalah buku teks akuntansi SMA baik yang berbasis KTSP maupun Kurikulum 2013 yang tersedia di pasaran diterbitkan oleh penerbit nasional dan memiliki ISBN.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) dilihat dari aspek tujuan pembelajaran, keenam penerbit buku teks akuntansi SMA yang beredar di pasaran baik berbasis KTSP maupun Kurikulum 2013 memiliki kualitas buku kurang baik; (2) dilihat dari aspek materi pembelajaran, keenam penerbit buku teks akuntansi SMA yang beredar di pasaran baik berbasis KTSP maupun Kurikulum 2013 pada memiliki kualitas buku kurang baik; (3) dilihat dari aspek latihan soal, keenam penerbit buku teks akuntansi SMA yang beredar di pasaran baik berbasis KTSP maupun Kurikulum 2013 memiliki kualitas buku kurang baik.
Berdasarkan hasil dalam penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) bagi penyusun buku, sebaiknya perlu dibuat maping sesuai dengan ranah kognitif Taksonomi Bloom ketika membuat bahan ajar; (2) bagi guru, dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan evaluasi untuk memilih kualitas buku teks akuntansi SMA yang baik; (3) bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dalam melakukan analisis bisa lebih dari 6 kali agar lebih maksimal dalam penelitiannya dan dalam melakukan penghitungan bisa dilakukan lebih dari 6 kali agar tidak terjadi kesalahan.

Find More

Categories

Follow Us

Related Content