Analisis Pemicu Financial Distress pada Pemerintah Pusat Indonesia Menggunakan Model Altman Z-Score Periode 2010-2014

Dianaputri, Fathma Asri. 2016. Analisis Pemicu Financial Distress pada Pemerintah Pusat Indonesia Menggunakan Model Altman Z-Score Periode 2010-2014. Skripsi, jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak. (II) Diana Tien Irafahmi, S.pd., M.Ed.

Kata Kunci: Analisis Metode Altman, Pemerintah Pusat, Financial Distress
Financial Distress dapat diartikan sebagai kondisi kesulitan keuangan. Analisis financial distress pada pemerintah pusat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan pemerintah untuk mengambil solusi yang tepat dalam mengatasi masalah yang terjadi. Diantara banyak analisis financial distress, model Altman Z-Score menjadi model yang paling akurat sehingga sangat relevan untuk dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan alat uji financial distress menggunakan model Altman pada laporan keuangan serta mengetahui kondisi keuangan pemerintah pusat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model Altman pada laporan keuangan pemerintah pusat serta untuk mengetahui kondisi keuangan pemerintah pusat bila menggunakan alat uji Altman. Analisis financial distress bermanfaat bagi pemerintah pusat untuk mengevaluasi pertimbangan kebijakan pemerintah dalam mengelola anggaran dan belanja Negara pada tahun mendatang.
Subyek penelitian ini adalah pemerintah pusat dengan analisis laporan keuangan periode tahun 2010-2014. Penelitian ini menggunakan analisis model Altman Z-Score yang menggunakan titik cut off untuk menginterpretasikan nilai Z-Score yaitu Z > 2,6 = zona aman, 1,1 < Z <2,6 = zona abu-abu, dan Z < 1,1 = zona berbahaya. Hasil analisis model Altman dengan menggunakan 4 rasio pada model Altman, pemerintah pusat mengalami financial distress pada tahun 2010-2014. Penyebab yang dominan adalah belanja Negara yang cenderung lebih besar dan tidak diimbangi dengan besarnya pendapatan. Sehingga hal ini menempatkan kondisi pemerintah pusat berada pada kondisi zona berbahaya yaitu dengan nilai<1,1 pada tahun 2010-2014. Penerapan model Altman sebenarnya digunakan untuk menganalisis financial distress pada perusahaan. Namun, pada penelitian ini diterapkan pada laporan keuangan pemerintah pusat. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk meneliti lebih dalam penerapan model Altman pada pemerintah pusat dengan cara melakukan eksperimen-eksperimen mendalam mengenai penerapan model Altman untuk analisis financial distress pada laporan keuangan pemerintah pusat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *