Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha dan Piutang Tak Tertagih pada PT Varia Usaha Beton Sidoarjo

Liana, Evtin Idah. 2016. Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha dan Piutang Tak Tertagih pada PT Varia Usaha Beton Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M., (II) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., C.A.

Kata kunci: Pengendalian Intern, Piutang Usaha, Piutang Tak Tertagih, Model COSO

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 18 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, data perusahaan dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data diambil dari laporan umur piutang tahun 2013-2015. Penelitian ini menggunakan metode pusposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian intern piutang usaha dan piutang tak tertagih PT Varia Usaha Beton Sidoarjo berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen pengendalian intern menurut kerangka COSO, komponen lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, serta informasi dan komunikasi akuntansi berjalan dengan baik. Sedangkan komponen pemantauan dan pengawasan menunjukkan hasil yang cukup baik.
Saran untuk perusahaan sebaiknya lebih detail untuk melengkapi dokumen perusahaan. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup penelitian dan dapat menambah jumlah sampel agar hasil penelitian dapat digeneralisasikan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *