Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Perusahaan di BEI yang Melakukan Akuisisi Tahun 2009-2011)

Maulina, Selvia Dwi. 2016. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Perusahaan di BEI yang Melakukan Akuisisi Tahun 2009-2011). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. (2) Drs. H. Sumadi, S.E., M. M.

Kata Kunci: Akuisisi, Rasio Keuangan, Paired Sample T-Test.

Akuisisi merupakan salah satu strategi ekspansi eksternal untuk mengakses pasar baru tanpa harus membangun dari awal. Keputusan akuisisi diharapkan mampu memperbaiki kondisi dan peningkatan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah akuisisi. Kinerja keuangan diukur menggunakan rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Total Asset Turn Over (TATO), Debt To Total Asset (DAR), dan Return On Asset (ROA).
Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan akuisisi tahun 2009-2011. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 18 perusahaan yang melakukan akuisisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan membandingkan kinerja keuangaan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah akuisisi menggunakan uji Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CR dan TATO menunjukkan perbedaan antara sebelum dan sesudah akuisisi. Sementara DAR dan ROA menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah akuisisi. Keterbatasan penelitian ini adalah menggunakan periode cukup lama yaitu 3 tahun sebelum dan sesudah akuisisi untuk menganalisis sehingga terdapat kemungkinan ada faktor lain yang mempengaruhi kinerja variabel penelitian seperti naiknya tingkat bunga dan melemahnya nilai tukar rupiah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan menambahkan variabel rasio keuangan lain dan memperhatikan faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi nilai dari variabel penelitian misalnya melemahnya nilai tukar rupiah yang dapat mempengaruhi kinerja ROA.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *