Analisis Perbedaan NPM, ROI, ROE, dan EPS Sebelum Dan Sesudah Akuisisi (Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI Tahun 2010-2014)

Dewi, Fitria. 2016. Analisis Perbedaan NPM, ROI, ROE, dan EPS Sebelum Dan Sesudah Akuisisi (Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI Tahun 2010-2014). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak, CA (2) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si, Ak

Kata Kunci : akuisisi, kinerja keangan, NPM, ROI, ROE, EPS

Ekspansi eksternal dapat dilakukan dengan cara pengambilalihan usaha melalui akuisisi. Akuisisi adalah suatu penggabungan usaha dimana perusahaan pengakuisisi memperoleh kendali atas aktivas bersih dan operasi perusahaan yang diakuisisi dan perusahaan pengakuisisi mempunyai hak kontrol terhadap perusahaan diakuisisi. Strategi pengambilalihan ini dilakukan untuk mendapatkan sinergi dan peningkatan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Kinerja keuangan perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini diproksikan dengan rasio NPM (Net Profit Margin), ROI (Return On Invesment), ROE (Return On Equity), dan EPS (Earning Per Share).
Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik yang terdaftar di BEI dan melakukan akuisisi tahun 2011-2013. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 29 perusahaan dari populasi 148 perusahaan akuisisi. Sumber data yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi, laporan keuangan tahun 2010 dan 2012 untuk akuisisi tahun 2011, laporan keuangan 2011 dan 2013 untuk akuisisi tahun 2012 dan laporan keuangan 2012 dan 2014 untuk akuisisi tahun 2013. Metode analisis menggunakan uji statistik parametrik yaitu Paired Sample T-Teste dan uji statistik non parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Net Profit Margin tidak menunjukkan adanya perbedaan, namun rata-rata Net Profit Margin sesudah akuisisi lebih besar dibanding sebelumnya. Kedua, Return On Invesment tidak menunjukkan adanya perbedaan, namun rata-rata Return On Invesment sebelum akuisisi lebih besar dibanding sesudahnya. ketiga, Return On Equity tidak menunjukkan adanya perbedaan, namun rata-rata Return On Equity sebelum akuisisi lebih besar dibanding sesudahnya. keempat, Earning Per Share tidak menunjukkan adanya perbedaan, namun rata-rata Earning Per Share sebelum akuisisi lebih besar dibanding sesudahnya. Saran bagi perusahaan agar perusahaan lebih mengamati kondisi ekonomi nasional dan internasional, melakukan proses due diligence yang tepat sebelum melakukan akuisisi, serta mengamati hasil penelitian tentang akuisisi. Bagi penelitian selanjutnya, sebaiknya menambah rasio lain, mempertimbangkan berbagai faktor non ekonomis yang terjadi, serta memperpanjang periode pengamatan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *