Preaload Image

Arif Nur Prastyaji, Juara 3 KPM Essay Nasional 2022

Prestasi di bidang essay kembali diraih oleh mahasiswa departemen akuntansi. Arif Nur Prastyaji, mahasiswa semester 2 ini menjadi juara 3 lomba essay tingkat nasional yang diselenggarakan KPM (Kelompok Penelitian Mahasiswa) UMY Yogyakarta. Pemenang dari lomba essay yang menjadi juara 1 merupakan mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan juara 2 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pemenang dari lomba essay diumumkan 5 Agustus 2022 melalui laman akun instagram @kpm_umy. Ketiga mahasiswa tersebut berhasil menjadi juara mengalahkan 10 besar yang telah melaksanakan presentasi di tanggal 4 Agustus kemarin.

Arif menuturkan bahwa ini adalah kali pertama mengikuti lomba essay. “Ternyata cukup sulit untuk melakukan penulisan ilmiah. Namun karena dari Jurusan Akuntansi sangat care dengan mahasiswanya, khususnya Bu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd yang secara aktif membimbing saya alhamdulillah saya bisa mendapatkan juara 3 di kompetisi ini,” tutur Arif. Presentasi dilakukan dengan penyampaian gagasan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dengan bimbingan dari dosen dan segala persiapan yang dilakukan, presentasi dapat berjalan lancar. Walaupun saat proses menyusun karya ilmiah mengalami beberapa kesulitan bahkan sempat grogi karena ini merupakan kali pertama Arif terjun dalam lomba seperti ini, tetapi hal tersebut tidak menghambat presentasi essay yang dilakukan.

Dengan pencapaian tersebut, Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak, CSRS selaku ketua Departemen Akuntansi sangat mengapresiasi pencapaian dari mahasiswanya. Beliau menyampaikan dengan mencoba sesuatu yang baru dapat menjadikan pengalaman tersebut menjadi sesuatu yang akan terkenang selamanya. “Semoga dengan mencoba hal yang baru di ajang lomba menjadikan mahasiswa departemen akuntansi lebih bersemangat untuk menorehkan prestasi.” Prestasi ini juga menjadi contoh bagi yang lain bahwa mencoba hal baru tidak akan menimbulkan kerugian. Pengalaman yang didapatkan saat mencoba justru menjadi kunci dalam proses belajar dan mengasah diri.

Judul karya dari Arif yang mengantarkannya menjadi juara yaitu Grofi (Agro Finance) Transformasi Digital Pertanian Melalui E-Marketing dan E-Funding Untuk Mewujudkan Debt Suistanability and Transparency Presidenci G20. Dalam proses tersebut terdapat kesulitan yang dihadapi, “Saya kan mahasiswa semester 2 dan belum pernah ada project ilmiah jadi tidak terbiasa melakukan kepenulisan ilmiah. Mulai dari penentuan PUEBI yang harus teliti, sitasi artikel, mengkorelasikan antar kalimat, dan tentunya menggunakan bahasa ilmiah.” Namun dengan persiapan kurang lebih 10 hari dan berhasil  juara, telah membuktikan bahwa usaha dan kerja keras dari mahasiswa Universitas Negeri Malang ini membuahkan hasil yang memuaskan.

Bu Sheila Febriani Putri selaku pembimbing merasa bangga atas prestasi tersebut, “Saya merasa bangga dengan Arif sebagai mahasiswa departemen akuntansi yang saya bimbing. Ini merupakan lomba pertama yang diikuti serta bisa langsung juara.” Keikutsertaan Arif dalam lomba ini dikarenakan termotivasi oleh kakak tingkat di departemen akuntansi yang banyak menorehkan prestasi. Dengan ini Arif Nur Prastyaji merasa bersyukur dan ingin banyak belajar. Dengan pengalaman pertamanya ini membuat Arif semakin percaya diri untuk mengikuti kegiatan serupa.

Translate »
Skip to toolbar