Preaload Image

Bekerja Sama dengan Aprodiksi, Departemen Akuntansi FEB UM Laksanakan Webinar NSAFE yang Ketiga

 

Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) bekerja sama dengan Aliansi Profesi Pendidik Akuntansi Indonesia (APRODIKSI) dan Ikatan Guru Vokasi Indonesia menggelas kegiatan National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) pada Sabtu (21/05). NSAFE yang ketiga ini mengusung tema “Optimalisasi Teknologi Digital Pendidikan Akuntansi dalam Menyongsong Kemajuan Akuntan Indonesia” dengan tujuan membuka cakrawala berpikir digital dan memberikan motivasi bagi generasi bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong kemajuan akuntan Indonesia di masa mendatang. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung di kanal Youtube Studio Akuntansi FEB UM.

Webinar ini menghadirkan dua pembicara, yakni Dr. Heni Mulyani, S.Pd., M.Pd., DipTDD., Dip.VET, ChFI., CFP., selaku bagian dari Aliansi Profesi Pendidik Akuntansi Indonesia (APRODIKSI) dan Umi Tira Lestari, S.E., M.Ak., selaku ketua Ikatan Guru Vokasi Indonesia. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini dimoderatori oleh Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd. selaku dosen Departemen Akuntansi UM. Kegiatan ini diperuntukkan kepada seluruh sivitas akademika dengan total peserta sejumlah 176 orang meliputi dosen guru, mahasiswa Akuntansi, dan praktisi.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Bidang Inovasi Pembelajaran Aliansi Profesi Pendidik Akuntansi Indonesia, Tri Kurniawati S.Pd., M.Pd. yang memberikan apresiasi terhadap FEB UM sebagai pelaksana kegiatan webinar. “Kita tahu bahwa kemajuan teknologi digital merupakan salah satu hal yang menjadi isu sentral internasional, yang mana ini berarti hal ini adalah tantangan yang tidak bisa ditolak oleh pihak manapun. Kami memberikan apresiasi kepada FEB UM yang sudah membuat seminar dengan mengangkat tema teknologi digital pendidikan akuntansi dalam menyongsong kemajuan akuntan Indonesia ini. Kami berharap bahwa kolaborasi semacam ini dapat terus berlanjut dengan UM maupun universitas lain sehingga tujuan-tujuan dan program-program Aprodiksi sebagai asosiasi yang berlevel nasional dapat terus dikembangkan dan tercapai. Kami ucapkan selamat dan sukses untuk pelaksanaan seminar ini,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan III FEB UM, Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si., menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan webinar. “Kami sangat bangga dan bersyukur sekali bahwa kegiatan ini diikuti oleh banyak partisipan dari berbagai universitas di berbagai wilayah Indonesia. Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa tema webinar ini yakni  pengoptimalan teknologi digital pendidikan akuntansi ini sangat penting, karena kemampuan adaptif dan mengakomodasi kemajuan teknologi menjadi bagian penting dalam keberadaan ilmu akuntasi. Sehingga kedepannya melalui kegiatan seperti ini saya berharap FEB UM bekerjasama dengan Aprodiksi dan dukungan dari berbagai partisipan yang hadir dapat memberikan kontribusi baik secara akademis maupun praktis. Terima kasih kepada para partisipan, semoga acara hari ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Wakil Dekan III FEB UM.

Pada sesi pemaparan materi, Dr. Heni Mulyani selaku pembicara pertama membawakan materi terkait optimalisasi teknologi dalam pembelajaran, kemudian disusul dengan sesi tanya jawab oleh peserta webinar. Setelah itu agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Umi Tira Lestari, S.E., M.Ak. yang menjelaskan tentang sebuah situs web bernama ClassPoint yang berguna untuk menunjang kegiatan pembelajaran di era digital, sekaligus melakukan praktik bersama dalam pengoperasiannya sembari dijelaskan setiap fitur yang dimiliki.

Translate »
Skip to toolbar