Preaload Image

Berpartisipasi dalam Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XXV Kendari 2022, Mahasiwi S1 Akuntansi Angkatan 2017 Berhasil Meraih Best Poster 2 Online

Mahasiswi S1 Akuntansi angkatan 2017, Metha Fibriani bersama salah satu dosen Departemen Akuntansi, Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak. meraih Best Poster 2 Online dengan judul “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan” dalam Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XXV Kendari 2022. Simposium Nasional Akuntansi atau biasa disebut SNA merupakan perhelatan bergengsi yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd).

Paper yang berawal dari penelitian skripsi tersebut berjudul “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan” dan dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus keterlambatan pelaporan keuangan hingga kebijakan relaksasi penyampaian laporan keuangan akibat pandemi Covid-19. Menurut Metha, hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri sebagai bahan penelitian skripsinya.

“Paper itu berawal dari penelitian skripsiku yang dimana aku tertarik karena banyak kasus keterlambatan pelaporan keuangan dan adanya kebijakan relaksasi penyampaian laporan keuangan akibat pandemi Covid-19 kemarin,” jelas Metha.

Bermula dari tawaran dan tidak terbesit untuk berpartisipasi dalam Simposium Nasional Akuntansi yang diselenggarakan oleh IAI tersebut, ia harus mempersiapkan paper sesuai format yang ditetapkan oleh pihak SNA hanya dalam waktu kurang dari satu malam. Bagi Metha, tawaran tersebut menjadi tantangan tersendiri, terlebih jika paper yang diajukan itu nanti dapat lolos hingga publish ke jurnal yang pasti akan memberikan manfaat bagi banyak orang khususnya di bidang pelaporan keuangan.

Menurut Metha, mengubah format sesuai ketentuan Simposium Nasional Akuntansi (SNA) dalam waktu yang cukup singkat tidaklah mudah, dikejar deadline dan dituntut untuk tetap teliti, memerlukan effort lebih untuk itu. Semua perjuangan tersebut terbayarkan dengan adanya pengumuman dimana paper yang Metha ajukan berhasil lolos sebagai poster presentation dan berhasil meraih Best Poster 2 Online.

“Awalnya lagi konsultasi draft artikel, tiba-tiba ditawari Bu Sawitri untuk sekalian submit artikel ke SNA. Waktu itu tanggal 15 Juni dan itu hari terakhir submit. Perlu effort lebih karena harus mengubah format disesuaikan dengan format SNA. Alhamdulillah tanggal 15 Juli dinyatakan lolos sebagai poster presentation dengan beberapa revisi dari reviewer, dengan bimbingan Bu Sawitri akhirnya bisa dapat best poster kedua,” ungkapnya.

Ketua Departemen Akuntansi, Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak. mengungkapkan rasa bangganya terhadap prestasi yang diraih oleh mahasiswanya tersebut, terlebih prestasi tersebut diraih dalam perhelatan besar dan bergengsi yang diadakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia. 

“Saya sebagai ketua Departemen Akuntansi sangat bangga dengan apa yang telah mahasiswa saya berikan kepada departemen tercintanya. Terima kasih, meskipun sudah menempuh skripsi masih bisa memberikan persembahan membanggakan bagi departemennya. Ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya, bahwa berprestasi itu tidak mengenal waktu, selagi ada kesempatan, lanjutkan.” pungkas dosen yang kerap disapa Bu Tia tersebut.

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntasi, 2022)

Translate »
Skip to toolbar