Preaload Image

Bersama Rekan dari Beda Fakultas, Mahasiswi Departemen Akuntansi Lolos Pendanaan PKM-PM dengan Judul “An-Nafa’: Inovasi Pembelajaran Membaca Al Qur’an Berbasis Media Aplikasi dengan Metode Gerakan Isyarat dan Oral bagi Anak Tunarungu Jenjang SDLB”

Shafira Mei Lailatul Ayuna, seorang mahasiswi S1 Akuntansi 2020 yang tergabung dalam tim PKM-PM yang diketuai oleh mahasiswi S1 Pendidikan Luar Biasa 2020, Adista Sifa Nirwana. Menggandeng rekan lain dari Fakultas Teknik dan Fakultas Sastra, Adista dan tim dengan bimbingan Dr. Ahsan Romadlon Junaidi, S.Pd., M.Pd.  berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa dengan skema Pengabdian Masyarakat yang berjudul “An-Nafa’: Inovasi Pembelajaran Membaca Al Qur’an Berbasis Media Aplikasi dengan Metode Gerakan Isyarat dan Oral bagi Anak Tunarungu Jenjang SDLB”.

Hubungan relasi antara Shafira dan teman dari Jurusan Pendidikan Luar Biasa menjadikannya mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di tingkat Fakultas, lebih tepatnya pada tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Berkat relasi yang terbangun, kesempatan mengikuti PKM tidak disia-siakan begitu saja karena menurutnya hal ini merupakan kesempatan emas untuk melakukan kegiatan lain selain perkuliahan dan organisasi.

“Berawal dari temanku di PLB itu menyarankan namaku ke ketua timnya, Adista. Jadi, ketua menghubungi langsung. Berkat relasi itu, aku dapat kesempatan bagus banget buat ikut PKM, jadi ya aku terima. Selain itu, biar kegiatanku di kampus tidak hanya sekadar kuliah dan organisasi, tetapi juga ada kegiatan bermanfaat lain,” jelas Shafira.

Kerja bareng bersama rekan tim yang sebelumnya tidak ada hubungan pertemanan apapun membuat Shafira sedikit ragu untuk bisa sampai di titik saat ini. Ketidakyakinan dan rasa canggung perlahan memudar seiring berjalannya waktu. Bertemu melalui media online maupun secara langsung di kampus untuk bimbingan bersama dosen membuat keakraban terbangun secara perlahan.

Selain pertemuan bimbingan sebagai jembatan membangun keakraban, saling support dan membantu kesulitan menyelesaikan tugas juga membuat mereka terasa lebih dekat. Terlebih Shafira dan rekan lainnya membawa jabatan penting di organisasi masing-masing, sehingga mengharuskan adanya rasa saling membantu untuk menyelesaikan tugas yang telah dibagi.

Menurut mahasiswi berkerudung tersebut, mengikuti dan menjalankan program di luar lingkup akuntansi merupakan pengalaman berharga. Bukan hanya mengenai PKM, namun juga pengalaman dimana ia mendapatkan suatu hal yang belum pernah didapatkan di lingkungan sebelumnya. 

“Bakal jadi pengalaman berharga banget karena bisa belajar banyak hal, bukan hanya tentang PKM dan ilmu lainnya dan juga tentang obrolan yang sebelumnya belum aku dapat di lingkunganku,” ungkapnya.

Sebagai Ketua Departemen Akuntansi, Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak, CSRS. tentu sangat mengapresiasi prestasi mahasiswanya. Menurut dosen yang kerap disapa Bu Tia tersebut, mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa bersama dengan mahasiswa dari luar fakultas merupakan pengalaman besar yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

“Ikut PKM sama mahasiswa dari luar FEB itu bakal jadi pengalaman besar, bisa ketemu dan interaksi dengan mahasiswa-mahasiswa di luar akuntansi. Pastinya nanti akan ada obrolan-obrolan hebat yang bermanfaat yang tidak didapatkan di akuntansi,” pungkas Dr. Satia.

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntasi, 2022)

Translate »
Skip to toolbar