Preaload Image

Bimbingan Belajar guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan bagi Siswa MI Miftahul Ulum Desa Ngingit untuk Menyongsong Tujuan SDG’s Nomor 4

Mahasiswa KKN Blok UM melaksanakan kegiatan bimbingan belajar di MI Miftahul Ulum di Desa Ngingit, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Bimbingan belajar ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa yang dilaksanakan untuk meningkatkan rasa ingin belajar dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Kegiatan tersebut didampingi oleh dosen Akuntansi yaitu sebagai pembimbing lapangan yaitu Ibu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd.

Sejalan dengan tujuan SDG’s 2030, poin keempat yaitu meningkatkan kualitas pendidikan dengan arah kebijakan: (1) peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan; (2) peningkatan kualitas pendidik dan sarana pendukung pendidikan; (3) peningkatan layanan pendidikan; dan (4) memperkuat dan mengembangkan pendidikan karakter. Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Blok UM yaitu peningkatan kualitas dan akses pendidikan dasar berupa bimbingan belajar. Sehingga, diharapkan pada tahun 2030, memastikan bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan pendidikan primer dan sekunder yang gratis, setara dan berkualitas, yang mengarah pada hasil belajar yang relevan dan efektif.

Program Kerja Bimbel dilakukan setiap hari kamis pukul 10.00 – 12.00 WIB dan dimulai dari tanggal 30 Juni 2022 – 20 Juli 2022. Tujuan dari program ini yaitu untuk menambah wawasan belajar siswa MI Miftahul Ulum dengan mengajarkan tentang materi yang telah disiapkan. Materi yang diajarkan seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Program Kerja Bimbel dilaksanakan dengan lancar. Hal tersebut dikarenakan adanya kerjasama yang baik antara wali murid, guru, siswa, dan Mahasiswa KKN. Para siswa juga belajar dengan sangat antusias dengan kegiatan belajar mengajar yang terkonsep dan terstruktur. Dengan adanya kegiatan Bimbingan Belajar, diharapkan dapat mengingatkan kepada wali murid atau pihak sekolah tentang pentingnya belajar dengan baik sejak dini. 

Translate »
Skip to toolbar