Preaload Image

Buku Edukasi “Kunang-kunang Untuk Anak Jatirejoyoso” Oleh Tim Akuntansi FEB UM: Perwujudan Indikator 3 dan 4 dalam Sustainable Development Goals

“Kunang-Kunang Untuk Anak Jatirejoyoso” merupakan judul buku yang dibuat oleh tim Akuntansi FEB UM, terdiri dari 9 mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang dan ibu Hanjar Ikrima Nanda, S.Pd, M.Akun selaku dosen pembimbing lapangan di Desa Jatirejoyoso. Program kerja ini dibentuk sebagai langkah untuk mewujudkan Sustainable Development Goals untuk indikator nomor 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera) dan nomor 4 (Pendidikan yang Berkualitas). 

Selain itu, terdapat fenomena adanya tingkat literasi di Indonesia yang rendah. Menurut Staf ahli Menteri dalam negeri (Mendagri) Suhajar Diantoro pada Rapat koordinasi nasional bidang perpustakaan “Tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara itu berada di nomor 62”. Hal ini menunjukkan bahwa minat membaca setiap orang masih rendah.

Oleh karena itu, Mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang hendak melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Membangun Desa yang berakhir pada Januari tahun 2022 dengan mengusungkan sebuah ide yang diwujudkan dalam bentuk suatu program kerja untuk membentuk sebuah buku yang berjudul “Kunang-Kunang Untuk Anak Jatirejoyoso” yang merupakan sebuah buku edukatif mengenai berbagai macam hal positif yang dapat memberikan dampak positif bagi anak anak yang membaca buku tersebut. Hewan kunang-kunang dipilih sebagai judul karena meskipun kunang-kunang bertubuh kecil tetapi ia dapat menerangi dalam kegelapan. Sama halnya dengan buku ini, meskipun ilmu yang diberikan tidak seberapa, kami berharap dapat memberikan manfaat dan juga memberikan pengetahuan yang mudah dipahami untuk pembaca. Isi dari buku tersebut diantaranya ialah membiasakan hidup sehat dan bersih, kenali bagian tubuh, pertanian, etika, dan pentingnya menabung.

Hal ini didasari oleh anak-anak di Desa Jatirejoyoso agar dapat meningkatkan pemahaman terkait beberapa hal yang tersedia di dalam buku tersebut. Anak-anak kemudian dapat membaca buku tersebut di Lapak baca yang berlokasi di Taman Refugia Desa Jatirejoyoso, Kepanjen. Anak-anak dapat memperoleh pembelajaran sekaligus bermain game yang tersedia di dalam buku yang berjudul “Kunang-Kunang Untuk Anak Jatirejoyoso”. berikut adalah cover dari buku “Kunang-Kunang Untuk Anak Jatirejoyoso”.

Translate »
Skip to toolbar