Preaload Image

Capai SDGs 4 dan 8 Melalui Pemberdayaan Masyarakat: Optimalisasi Sistem Keuangan UMKM Desa Ngingit oleh Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang luas dalam merealisasikan SDGs di Indonesia. Peran UMKM memiliki kontribusi dalam hal pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan serta meningkatkan industri inklusif dan berkelanjutan. Dalam kaitannya dengan pencapaian SDGs 4 dan 8, “Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Pencatatan Keuangan UMKM Secara Manual Pada UMKM Desa Ngingit” merupakan sebuah kegiatan dan sosialisasi yang bertujuan dalam peningkatan aspek sumber daya manusia. Kegiatan yang merupakan salah satu dari beberapa program kerja mahasiswa Universitas Negeri Malang sebagai peserta KKN Mode Blok. Kegiatan tersebut terlaksana pada Senin, 4 Juli 2022 di Balai Desa yang dihadiri oleh pemilik UMKM serta perangkat desa Ngingit.

Kegiatan ini merupakan pengabdian dosen akutansi FEB UM yaitu Ibu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd.,  dan mahasiswa kepada masyarakat desa yang diharapkan dapat memberikan bekal ilmu pengetahuan. Masyarakat dapat memperluas literasi keuangannya mengenai pembukuan bagi para pemilik UMKM. Hal ini didasari atas minimnya ilmu serta pemahaman mengenai akuntansi dasar dan pembukuan oleh  masyarakat setempat. Lebih lanjut, kegiatan yang dilaksanakan juga bertujuan untuk memberikan urgensi mengenai pentingnya akuntansi dalam sebuah usaha. Khususnya, urgensi dalam hal pencatatan dan pembukuan keuangan untuk sistem keuangan usaha yang optimal.

Kegiatan diawali dengan pembagian handout berupa modul yang berisi materi dan latihan soal. Pada pukul 10:00 WIB kegiatan resmi dibuka oleh ibu kepala desa. Terdapat dua sesi, yaitu penyampaian materi serta tanya jawab antara pemateri dan peserta. Sesi pertama dilakukan dengan metode ceramah mengenai akuntansi dasar. Sesi kedua merupakan penyampaian materi dengan metode interaksi dua arah mengenai pencatatan keuangan yang didampingi oleh mahasiswa KKN khususnya jurusan akuntansi. Kegiatan dinilai berjalan dengan antusias ditandai dengan aktifnya para peserta dalam diskusi dan tanya jawab. Kemudian, kegiatan diakhiri dengan doa,makan serta foto bersama. 

Melalui kegiatan pengabdian mahasiswa ini, diharapkan dengan adanya “Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Pencatatan Keuangan UMKM Secara Manual Pada UMKM Desa Ngingit” dapat memberikan pengetahuan mengenai pembukuan keuangan untuk terciptanya sistem keuangan usaha yang baik. Pengembangan sektor UMKM tersebut dapat membantu UMKM untuk lebih berkembang dan tetap berkelanjutan dalam mencapai SDGs.

 

Translate »
Skip to toolbar