Preaload Image

Ciptakan Green Area di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Terwujudnya SDGs 2030

Tim Pengabdian Akuntansi FEB UM bekerjasama dengan tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang membuat terobosan baru berupa penciptaan green area di lingkungan sekolah. Terobosan ini sebagai bentuk upaya untuk terwujudnya poin tiga belas dan lima belas Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, yaitu upaya penanganan perubahan iklim dan menjaga ekosistem darat.

Inovasi green area merupakan bentuk upaya perwujudan SDGs poin kelima belas, yaitu menjaga ekosistem darat yang dimana green area merupakan area hijau yang ditumbuhi berbagai tanaman. Adanya perilaku siswa-siswi yang membuang sampah sembarangan di taman sekolah dan lahan kosong menjadi permasalahan yang menarik bagi Tim KKN UM. Dimana permasalahan tersebut disiasati dengan terobosan berupa green area, yang dalam hal ini juga sebagai langkah awal guna menunjang SDGs poin tiga belas, yaitu penanganan perubahan iklim khususnya yang diakibatkan oleh sampah.

“Kita observasi dulu selama dua minggu di MI Miftahul Ulum. Permasalahannya itu siswa-siswi suka buang sampah di taman bahkan di lahan kosong. Jadi kita bikin terobosan buat menangani itu dengan green area,” jelas Dinda selaku ketua pelaksana program Green Area.

Program Green Area ini direalisasikan oleh Tim KKN UM dan mendapatkan respon positif dari pihak MI Miftahul Ulum khususnya Ibu Halimah selaku Kepala Sekolah. Menurut beliau program ini sebagai bentuk sarana belajar para siswa MI Miftahul Ulum untuk lebih sadar dan mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah di taman maupun lahan kosong. Proses pembuatan green area ini tentu melibatkan siswa-siswi untuk ikut serta dalam penanaman tanaman dengan didampingi oleh Tim KKN UM. Terlibatnya siswa-siswi ini secara tidak langsung juga ikut turut serta dalam upaya terwujudnya SDGs poin kelima belas yaitu menjaga ekosistem di taman tersebut, seperti tanah, tanaman, dan hewan-hewan yang dihidup di dalamnya. Dengan adanya green area ini harapannya siswa-siswi MI Miftahul Umum dapat menumbuhkan kesadaran, kepedulian, dan tanggung jawab terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.

Translate »
Skip to toolbar