Preaload Image

Dekan FEB Universitas Negeri Malang, Prof. Cipto Wardoyo dikukuhkan sebagai Guru Besar

Malang (12/05) – Jumlah Guru Besar di Universitas Negeri Malang khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis bertambah. Pasalnya salah satu dosen Departemen Akuntansi sekaligus dekan FEB UM yaitu Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA secara resmi dikukuhkan menjadi guru besar pada Kamis (12/5/2022) bertempat di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Selain Prof. Dr. Cipto Wardoyo, empat guru besar Universitas Negeri Malang (UM) juga dikukuhkan secara serentak diantaranya Prof. Dr. Hayuni Retno Widarti, M.Si dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA);  Prof. Dr. Hari Wahyono, M.Pd dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); serta Prof. Dr. Hardika, M.Pd dan Prof. Dr. Maisyaroh, M.Pd dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang juga disiarkan secara langsung melalui youtube UM Channel mulai pukul 08.00 WIB.

Acara dimulai dengan pembukaan sidang terbuka senat akademik UM, Pembacaan surat keputusan disusul dengan sambutan ketua senat akademik UM, dan dilanjutkan dengan pembacaan pidato pengukuhan guru besar. Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA di dalam  pidato ilmiahnya membawa materi tentang “Profesionalisme dan Profesionalisasi Pendidik di Perguruan Tinggi”. Dalam pembukaan pidato, beliau menyampaikan bahwa “Dunia pendidikan dituntut untuk mengikuti bahkan melebihi perkembangan teknologi dan informasi. Bidang pendidikan memiliki tugas berat untuk menyiapkan generasi yang mampu merespon setiap perubahan, perkembangan teknologi dan informasi secara lebih baik. Lulusan perguruan tinggi juga dituntut untuk  memiliki keterampilan baru yaitu kerja tim, pemikiran tingkat tinggi, kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan menggunakan teknologi informasi secara profesional”.

Menurutnya, profesionalisme mengacu pada komitmen anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan secara terus menerus mengembangkan strategi yang digunakan dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan profesinya. Prof. Cipto menyebut, setidaknya ada empat fase profesionalisme dan profesionalisasi yang teridentifikasi meliputi pra profesional, profesional otonom, profesional kolegial, dan pasca-profesional yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Pada akhir pidato, Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir dan menyempatkan waktunya, kolega fakultas, serta rekan-rekan tenaga kependidikan yang membantu proses pengusulan guru besar. Tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih kepada keluarga yang selalu mendukung dalam suka maupun duka.

Translate »
Skip to toolbar