Preaload Image

Demi Mendukung SDGS Bidang Ekonomi Tim MBKM Departemen Akuntansi Berikan Sosialisasi Aplikasi Keuangan Kepada Warga Desa Selorejo

Tim Pengabdian Akuntansi FEB UM, berkerjasama dengan mahasiswa Akuntansi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa 2022 Universitas Negeri Malang telah mengadakan program Sosialisasi atau Pengenalan aplikasi keuangan bertajuk “Kasir Toko Portable” di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Hal ini sekaligus mendukung SDGS nomer 8 dalam bidang ekonomi.

“Kasir Toko Portable” ini sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan handphone android sebagai sebuah alat kasir yang mudah, praktis dan lengkap. Aplikasi ini dapat digunakan untuk pengusaha bisnis di bidang jasa maupun dagang. Oleh karena itu target sosialisasi ini yaitu warga desa yang memiliki usaha seperti toko, warung, bengkel, dan sebagainya.

Melalui forum diskusi dan observasi tim melihat kendala yang dihadapi oleh UMKM sekitar yang masih menggunakan pencatatan secara manual. Oleh karena itu, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat membantu warga desa sekitar yang memiliki usaha agar dapat melakukan pencatatan keuangan dengan lebih praktis yaitu hanya dengan melalui satu gadget saja.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan mengunjungi beberapa toko milik warga sekitar, kemudian memberikan penjabaran aplikasi secara langsung pada pemilik maupun karyawan toko. Selain itu, tim juga memberikan sebuah buku panduan lengkap terkait cara menggunakan aplikasi tersebut. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah para pemilik usaha dapat mengganti sistem manajemen

keuangannya dengan menggunakan aplikasi tersebut serta menyebarluaskan kepada pemilik usaha lain di desa supaya pemanfaatan teknologi dibidang ekonomi dan bisnis pada Desa Selorejo semakin berkembang.

Translate »
Skip to toolbar