Preaload Image

Departemen Akuntansi FEB UM Melaksanakan Pelatihan Pengembangan Modul Praktikum untuk Tingkatkan Kapasitas Alumni dalam Merespons Kebutuhan Dunia Kerja dalam mendukung SDGs

Mahasiswa yang telah lulus dan menjadi alumni tidak serta merta bukan menjadi bagian dari instansi pendidikan lagi. Alumni UM tetap merupakan bagian dari Universitas Negeri Malang (UM). Hal ini dibuktikan dengan kebijakan UM untuk tetap melibatkan para alumni pada kegiatan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Lebih khusus pada PKM, UM memberikan skema khusus yaitu Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) bagi para alumni. PPKB ditujukan untuk tetap mendampingi alumni dalam menghadapi tuntutan kebutuhan dunia kerja.  Kegiatan ini mendukung adanya Sustainable Development Goals (SDGs) antara lain SDGs 4 yaitu pendidikan bermutu yang diwujudkan dengan adanya pendidikan pembuatan modul, SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dan juga SDGs 10 mengurangi ketimpangan yaitu dengan semua masyarakat memiliki perencanaan modul yang baik.

Departemen Akuntansi FEB UM menyelenggarakan Workshop Pengembangan Modul Praktikum Sektor Publik bagi Guru SMK sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas alumni yang merupakan Guru SMK Negeri Mojoagung Jombang dalam mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud dalam kegiatan ini adalah Modul Praktikum Sektor Publik yang juga perlu dikembangkan karena masih jarang ada untuk mendukung pembelajaran sektor publik terutama Akuntansi Pemerintahan di kelas. Kelangkaan modul ini diakibatkan karena kurikulum Akuntansi Pemerintahan yang masih baru di lingkungan SMK.

Workshop Pengembangan Modul Praktikum Sektor Publik bagi Guru SMK dilaksanakan secara daring pada tanggal 17 September 2022. Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Departemen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd. yang dimoderatori oleh Aulia Herdiani, M.Pd., M.S. Pelatihan pengembangan modul ini dimulai dengan memberikan materi untuk konsep pengembangan modul bagi peserta didik yang dapat mengakomodir pembelajaran secara hybrib. Dr. Henry memperkenalkan penggunaan microsite builder melalui laman https://s.id untuk mengembangkan modul pembelajaran sederhana untuk menunjang pembelajaran di kelas.

Microsite builder dapat dimanfaatkan sebagai laman dengan domain yang dikembangkan secara mandiri dengan mengisikan media, modul, materi, dan rencana aktivitas pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Microsite s.id dapat diakses dengan bebas oleh peserta didik tanpa membuat akun atau melakukan registrasi terlebih dahulu sehingga akan memudahkan bagi peserta didik dalam mengaksesnya.

Peserta workshop yang merupakan Guru SMK Negeri Mojoagung Jombang dan Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi FEB UM merasa bersemangat dalam melakukan simulasi pengembangan microsite ini. Hal ini dikarenakan modul dan aktivitas pembelajaran yang dikembangkan dengan microsite ini dinilai dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Di sisi lain, pelatihan pengembangan modul ini juga dimaksudkan untuk mendukung pencapaian tujuan SGDs, terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memastikan inklusifitas dan pemerataan kualitas Pendidikan dengan menyediakan media pembelajaran yang dapat diakses oleh semua pihak. Kegiatan ini dilaksanakan juga untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pembelajaran Akuntansi Pemerintahan di lingkungan sekolah menengah kejuruan (SMK). Modul praktikum diharapkan dapat meningkatkan partisipasi peserta didik secara aktif karena kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai adalah kompetensi untuk bekerja secara praktis dan mandiri.

Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sebagai tindak lanjut para Guru SMK Negeri Mojoagung bersama-sama Tim PKM Dosen UM mengembangkan Modul Praktikum Akuntansi Pemerintahan yang akan diterbitkan Ber-ISBN. Selain itu, pelaksanaan PKM dengan skema PPKB UM ini juga dinilai dapat mewujudkan tujuan yang diharapkan yaitu mengembangkan keprofesian alumni yang berkelanjutan yang dibuktikan dengan dukungan kepada alumni dalam memenuhi tuntutan kebutuhan dalam penyesuaian kurikulum dan meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang guru dalam mengembangkan modul pembelajaran yang sesuai.

Translate »
Skip to toolbar