Preaload Image

Departemen Akuntansi FEB UM Menghadirkan Dr. Canggih Sakina Hans, S.H.,M.B.A. Guna Tingkatkan Skill Wirausaha Mahasiswa Untuk Menunjang SDGs 8

Malang- Sabtu, 26 Maret 2022 Departemen Akuntansi FEB UM sukses menggelar 1st National Seminar on Accounting, Finance, and Economics dan Call for Paper 2022. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan seminar nasional dan call for paper yang meliputi 11 rangkaian acara dalam satu tahun rutin dilaksanakan sejak tahun 2021. Pada rangkaian pertama, kegiatan ini mengusung tema “Karakter & Strategi Wirausahawan sebagai Kunci Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini menghadirkan Dr. Canggih Sakina Hans, S.H.,MBA adalah seorang wirausaha sekaligus ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) regional Malang. 

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan softskill mahasiswa akuntansi dan umum untuk keterampilan wirausaha. Dengan demikian mahasiswa mendapatkan pemahaman terkait dalam berwirausaha, terkait karakter apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausaha dan bagaimana strategi untuk mempertahankan bisnis di zaman milenial.

Pelaksanaan kegiatan ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 8 yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, produktif, dan pekerjaan yang layak bagi semua. Sebagai seorang mahasiswa sudah sepatutnya ikut andil dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Indonesia. Kewirausahaan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menunjang hal tersebut, dengan berwirausaha artinya seseorang telah melakukan hal yang produktif dan membuka lapangan pekerjaan yang layak bagi semua orang serta ekonomi dapat meningkat dengan optimal. 

Acara seminar yang digelar pada hari Sabtu dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang, Ibu Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak., CSRS. Selanjutnya dilanjutkan dengan acara utama yakni pemaparan materi dari narasumber hebat yang ahli di bidang kewirausahaan dan dipandu oleh moderator yakni Ibu Setya Ayu Rahmawati, S.E., M.S.A selaku dosen departemen akuntansi. Dr. Canggih Sakina Hans, S.H.,MBA selaku narasumber dalam acara ini berkesempatan menyampaikan materi terkait karakter dan strategi wirausahawan pasca pandemi covid-19.

Dalam penyampaian materi, Pak Canggih menuturkan bahwa pada era new normal kita harus berani keluar dari zona nyaman  dan memasuki survival mode. Survival mode adalah mode di mana kita harus mampu bertahan di tengah krisis dan mulai berlari lagi setelahnya. Beliau menegaskan bahwa terdapat 5 kunci untuk survive and run, yakni calm, cash, invest, ecosystem, dan adapt. Berdasarkan penuturan Pak Canggih sendiri, entrepreneur dapat diartikan sebagai orang yang memiliki paradigma bahwa masalah adalah peluang dan berani mengambil risiko untuk memberikan solusi bagi permasalahan tersebut dan mendapatkan manfaat/keuntungan dari apa yang dilakukannya. Kemudian untuk bertahan di tengah kompetisi dalam berwirausaha, terdapat tiga kunci yang perlu diterapkan, yaitu mindset, skillset, dan soulset.

Dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan mampu memberikan pengetahuan-pengetahuan baru tentang kewirausahaan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan melahirkan gagasan penelitian yang lebih beragam. 

(Erine Katrin Sasmitaningrum-Pendidikan Akuntansi UM 2020)

Translate »
Skip to toolbar