Preaload Image

Departemen Akuntansi FEB UM Optimalkan Peran Bumdes Melalui Sosialisasi Revitalisasi Bumdes “Duren Unggul”, Karangduren upaya mewujudkan SDGs Nomor 8

Tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) adalah  pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambingan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pandemi Covid-19 menuntut semua pihak untuk dapat memaksimalkan pembangunan berkelanjutan salah satunya pada pilar Nomor 8  pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan pelaku UMKM juga ikut merasakan dampak dari pandemi Covid-19, ditambah lagi BUMDes di Desa Karangduren belum berjalan secara optimal. Dengan melihat kondisi tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2021 Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang tergerak untuk memberikan edukasi kepada perangkat desa maupun masyarakat agar terciptanya kembali BUMDes “Duren Unggul” milik Desa Karangduren yang telah lama belum berjalan dengan baik.

Edukasi terkait BUMDes tersebut dikemas kedalam acara sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian yang berakhir tahun 2022 dengan mengangkat tema Revitalisasi BUMDes “Duren Unggul” yang bertempat di Aula Kantor Desa Karangduren. Dalam kegiatan kali ini, Tim KKN mendatangkan narasumber yaitu Ibu Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun. yang merupakan Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Untuk peserta sosialisasi terdiri dari Perangkat Desa, Masyarakat Desa, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Mahasiswa KKN yaitu Ibu Sulastri, S.Pd., M.SA. Sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja utama Mahasiswa KKN dalam rangka Membangun Desa.

Acara tersebut dibuka oleh perwakilan Tim KKN yaitu Yuniar Cysearlika Sudiro selaku pembawa acara dan langsung dilanjutkan dengan sambutan pertama yang dibawakan oleh Bapak Sihabur Romli selaku Kepala Desa Karangduren. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan kedua oleh Ibu Sulastri, S.Pd., M.SA. beliau dalam sambutannya ikut memberikan dukungan dengan adanya kegiatan ini.

Dalam sosialisasi ini narasumber menyampaikan banyak hal yang mencakup Pembentukan BUMDes, Pengelolaan BUMDes, dan Pelaporan BUMDes. Selain itu, narasumber juga membahas potensi unggulan Desa Karangduren yaitu UMKM Kardus serta memberi beberapa contoh BUMDes yang sudah maju. Hal ini dilakukan agar semakin memotivasi pengelola BUMDes di Desa Karangduren untuk mewujudkan BUMDes yang dapat berjalan secara optimal. Di akhir penyampaian materi, narasumber juga berpesan yaitu untuk mewujudkan BUMDes yang maju memerlukan kerjasama yang baik serta komitmen yang kuat dari seluruh komponen desa baik perangkat desa maupun masyarakat desa itu sendiri.

Translate »
Skip to toolbar