Preaload Image

Departemen Akuntansi Memodernisasi Kemasan Produk Olahan Tiwul di Dusun SendangDemi Terwujudnya Perekonomian Berkelanjutan

Tulungagung(30/4), mahasiswa Universitas Negeri Malang membantu masyarakat dusun Sendang Bedog melalui pembuatan kemasan Tiwul. Kegiatan ini dikooridinatori oleh Dosen Departemen Akuntansi yaitu Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd.  Kegiatan ini mendukung adanya Sustainable Development Goals (SDGs). TPB/SDGs bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kegiatan ini mendukung  SDGs 8 Pekerjaan layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan SDGs 10 berkurangnya kesenjangan . Hal ini karena memodernisasi kemasan akan menyebabkan kehidupan masyrakat sejahtera danberkurangna kesenjangan.

Kemasan pada sebuah produk bisa dikatakan sebagai pemberi informasi mengenai produk yang dijual. Walau hanya gambaran sederhana dan beberapa kata sudah cukup untuk menjadi kemasan yang informatif. Tetapi, akan jauh lebih menarik jika terdapat ilustrasi yang menyesuaikan dengan produk olahan yang dijual. Pemilihan warna juga berpengaruh terhadap penilaian konsumen kepada produk yang dijual, akan sangat berpengaruh mindset dari konsumen saat mereka akan membeli suatu produk. Pemilihan komposisi kemasan yang sesuai akan menjadi pilihan utama dibanding dengan produk lain yang komposisi nya kurang sesuai.

Mahasiswa datang dengan ide yang menarik untuk memodernisasi sebuah kemasan produk tradisional menjadi lebih menarik. Penggunaan ilustrasi pohon ketela sebagai informasi mengenai bahan baku utama produk dapat meyakinkan pembeli untuk membeli produk ini karena yakin bahwa bahan utama dari produk ini adalah ketela. Warna yang dipilih adalah hijau pastel, alih-alih menggunakan warna kecoklatan penggunaan warna seperti ini jauh lebih menarik karena warnanya tidak sering digunakan. Bentuk box yang memudahkan penyusunan dan memudahkan pembeli untuk membawa produk ini.

Dokpri

Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sukses tanpa adanya hambatan. Kemasan ini dipakai untuk menjual produk kedepannya, keyakinan pembeli adalah kunci dari penjualan sebuah produk, pembeli yakin maka membeli. Juniesha, selaku koordinator dari kegiatan ini berharap kemasan ini dapat digunakan secara berkelanjutan dan akan ada inovasi baru kedepannya.

 

Translate »
Skip to toolbar