Desain dan Implementasi Sistem Akuntansi Berbasis Excel pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Pengembangan Desain pada UMKM N&N Collection Kota Malang)

Prayogo, Kurniawan Agung. Desain dan Implementasi Sistem Akuntansi Berbasis Excel pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Pengembangan Desain pada UMKM N&N Collection Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA, Ak, (2) Dr. Cipto W,S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA
Kata Kunci : Penelitian, Pengembangan, Aplikasi Akuntansi, dan Excel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem akuntansi yang dilakukan UMKM N&N Collection dan membentuk suatu aplikasi akuntansi yang sesuai dengan PSAK ETAP. Data penelitian diambil dari observasi dan wawancara. Dari kegiatan observasi dan wawancara awal, dapat diketahui bahwa UMKM N&N Collection tidak melakukan pencatatan dan pembukuan mengenai arus keuangan sehingga UMKM N&N Collection tidak mampu memberikan kepastian nilai keuntungan dan kerugian mereka.
Model Penelitian Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Prosedur pengembangannya meliputi (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Impelemtasi; (5) Evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 2 orang, pemilik dan bagian keuangan UMKM N&N Collection.
Hasil penelitian ini berupa aplikasi akuntansi, dengan dilakukan proses identifikasi terhadap proses akuntansi yang terjadi pada objek penelitian, kemudian dibuatkan aplikasi akuntansi berupa file Excel yang mampu membantu UMKM N&N Collection untuk melakukan pencatatan dan menghasilkan laporan keuangan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh UMKM N&N Collection.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *