Preaload Image

Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa 2021 oleh Tim Pemb UM Demi Mewujudkan SDGs

Program kerja Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yakni pada poin ke-4. Tujuan yang ke-4 tentang Pendidikan berkualitas. Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa dapat memberikan pengetauhan yang bermanfaat kepada para masyarakat di Desa Duwet Krajan khusunya bagi perangkat Desa Duwet Krajan sehingga dapat meningkatkan tata kelola keuangan Desa tersebut. Kegiatan ini mendukung adanya Sustainable Development Goals (SDGs) antara lain SDGs 4 yaitu pendidikan bermutu yang diwujudkan dengan adanya pendidikan Siskeudes, dan SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dan juga SDGs 10 mengurangi ketimpangan yaitu dengan perangkat desa yang tidak timpang dengan kemampuan perangkat desa lain.

Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan suatu aplikasi yang digunakan oleh desa dalam proses penganggaran, penatausahaan serta pelaporan keuangan desa. Sistem keuangan desa (SISKEUDES) secara otomatis menghasilkan berbagai laporan yang diperlukan, sehingga dapat menghemat waktu biaya, mengurangi potensi kecurangan. kesalahan, dan membantu agregasi data. Selain kemudahan tersebut, sistem keuangan desa dapat diakses baik ketika online maupun offline. Tujuan dikembangkannya Aplikasi Sistem Keuangan Desa ini untuk meningkatkan  kualitas tata kelola keuangan desa. Di Balai Desa Duwet Krajan, Kec. Tumpang, Malang, mahasiswa/i Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 3 anggota yang berasal dari prodi S1 Akuntansi, yaitu: Ahmad Hikami, Gita Gloria Christy, dan Faridah Puteri Permatasari. Anggota tersebut tergabung dalam satu kelompok program kerja mengadakan pertemuan Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa

Kegiatan Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa tersebut dilaksanakan sesuai dengan prokes ketat sesuai ketetapan pemerintah dan peraturan Desa Duwet Krajan tentang Covid-19. Sebelumnya acara pembukaan sudah direncanakan dan disusun oleh kelompok atas izin dan koordinasi dengan perangkat desa setempat. Kegiatan tersebut dimulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh Bu Lilik sebagai bendahara desa, Pak Nurwindiantka sebagai Kaur Umum dan Pak Mustofa sebagai Sekretaris Desa.

Pada kegiatan tersebut Ahmad Hikami selaku koordinator yang memandu kegiatan diskusi menyapaikan pertanyaan dan memberi masukan kepada perangkat desa yang bersangkutan. Rangkaian kegiatan diskusi tersebut, yaitu perkenalan, lalu dilajutkan dengan diskusi terkait aplikasi Sistem Keuangan Desa, foto bersama dan penutup. Kesimpulan dari diskusi yang telah dilaksanakan, yaitu:

  • Desa Duwet Krajan telah menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa sejak tahun 2016,
  • Pengoperasian aplikasi SISKEUDES dilakukan oleh operator khusus,
  • Aplikasi SISKUDE memberikan berbagai kemudahan dan manfaat bagi Desa Duwet Krajan,
  • Dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES terdapat kendala berupa error, SDM yang terbatas hingga aplikasi yang selalu ter-update sehingga harus menyesuaikan,
  • BPKP melakukan pelatihan rutin setiap tahunnya di Desa Duwet Krajan.

Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa ini adalah program kerja ketujuh dari mahasiswa/i Univetsitas Negeri Malang 2021/2022. Dengan dilaksanakannya kegiatan Diskusi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan dapat meningkatkan kualitas tata kelola keuangan Desa Duwet Krajan bagi semua pihak, khususnya bagi perangkat Desa Duwet Krajan.

Translate »
Skip to toolbar