Preaload Image

Dukung SDGs9 Desa Melalui Program Penyusunan Laporan Keuangan Terkomputerisasi Bagi Koperasi Simpan Pinjam di Desa Sumbersekar

Aktivitas Proses Program Penyusunan Laporan Keuangan

Latar belakang adanya program “Penyusunan Laporan Keuangan Terkomputerisasi Bagi Koperasi Simpan Pinjam di Desa Sumbersekar” yaitu untuk memenuhi dan mengkaitkan program tersebut dengan salah satu tujuan SDGs Desa atau Sustainable Development Goals Desa. SDGs Desa merupakan upaya pembangunan berkelanjutan untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs Desa sendiri memiliki 18 tujuan dalam pembangunan berkelanjutan salah satunya ialah tujuan ke-9 yakni meningkatkan inovasi dan infrastruktur desa. Target-target dari tujuan ke-9 ini yaitu mendorong inovasi, meningkatkan akses terhadap teknologi, mengupayakan keterjangkauan internet pada semua desa, dan meningkatkan infrastruktur yang berkualitas dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas desa.

Di era digitalisasi ini kegiatan ekonomi desa dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, masayarakat desa juga dituntut untuk bisa selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada agar dapat terus melakukan pembaruan guna mendorong kemajuan perekonomian di desa. Salah satu bentuk upaya mengikuti perkembangan teknologi terlebih dalam kegiatan pembukuan laporan keuangan, kami memberikan pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan. Hal ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari tujuan ke-9 SDGs Desa dalam hal inovasi. Inovasi yang kami berikan yaitu berupa pendampingan penggunaan Software Softkop bagi pengurus koperasi simpan pinjam di Desa Sumbersekar.

Program kerja tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan para pengurus koperasi dalam bidang akuntansi koperasi dan praktik langsung dalam penyusunan laporan keuangan koperasi berbasis komputerisasi. Dimana sebelumnya, penyusunan laporan keuangan koperasi tersebut masih dilakukan secara pembukuan manual. Hal tersebut tentu saja

menimbulkan ketidakefektifan dan terkesan lama dalam proses penyusunan laporan keuangan, serta tidak terintegrasi antar setiap laporan keuangan. Dengan demikian, mahasiswa MBKM UM Desa Sumbersekar mempunyai inisiatif dalam membantu mengatasi persoalan yang terdapat pada koperasi tersebut.

Program tersebut dilakukan selama 4 bulan yaitu pada Bulan September sampai dengan Bulan Desember 2021. Pelaksanaan program tersebut bertempat di Gedung Serbaguna Desa Sumbersekar. Sasaran program tersebut yaitu para pengurus koperasi simpan pinjam “Koperasi Wanita Jaya Lestari” Desa Sumbersekar. Alur pelaksanaan program tersebut yaitu alur pelaksanaan kegiatan pengabdian yaitu melakukan observasi dan persetujuan kepada pihak pengurus koperasi, menyiapkan software yang akan digunakan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi, menyiapkan laporan keuangan tahun sebelumnya dan data transaksi koperasi tahun berjalan, diskusi mengenai akuntansi koperasi dan laporan keuangan, dan melakukan pelatihan dan pendampingan secara langsung dalam proses penyusunan laporan keuangan koperasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa software yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi tersebut yaitu software akuntansi koperasi “Softkop”. Disamping itu adanya apresiasi program kerja tersebut, didapatkan dari perangkat desa dan terutama dari pengurus koperasi simpan pinjam Desa Sumbersekar. Para pengurus koperasi tersebut menjadi lebih mengerti akan proses penyusunan laporan keuangan yang terintegrasi dan tersistem dengan penggunaan media teknologi software.

Menurut penuturan dari ketua koperasi tersebut, “Dengan adanya program dari mahasiswa MBKM UM yaitu pengabdian dalam penyusunan laporan keuangan koperasi kami, kami sangat terbantu dan menambah ilmu pengetahuan kami tentang proses penyusunan laporan keuangan dengan bantuan teknologi software,” tutur Srianik

Translate »
Skip to toolbar