Preaload Image

Dukung Upaya Perwujudan SDGs 2030 dengan Menumbuhkan Semangat Keolahragaan Sejak Dini di Desa Ngingit

Pekan Olahraga Ngingit atau PON merupakan salah satu program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Blok UM yang dilaksanakan di MI Miftahul Ulum, Desa Ngingit. Kegiatan tersebut sebagai upaya membantu siswa-siswi MI Miftahul Ulum untuk mengetahui dasar-dasar pelatihan fisik olahraga. Tujuan utamanya kegiatan PON ini merupakan usaha mewujudkan tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) poin 3 dan 8.. Terwujudnya kesehatan yang baik merupakan poin ketiga SDGs yang dapat dilihat dari manfaat lain diselenggarakannya kegiatan PON ini, yaitu menumbuhkan semangat berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan bagi siswa-siswi MI Miftahul Ulum.

Dalam kegiatan Pekan Olahraga Ngingit ini, Tim Pengabdian Akuntansi FEB UM bekerjasama dengan tim KKN Blok UM membantu siswa-siswi belajar keterampilan bermain sepak bola yang harapannya nanti ilmu tersebut dapat ditransfer ke kehidupan dewasa. Tidak hanya sekadar keterampilan bermain, namun keterampilan lain seperti interaksi sosial, membangun hubungan, dan kepemimpinan tim juga diajarkan oleh Tim KKN Blok UM kepada siswa-siswi MI Miftahul Ulum. Hal ini sebagai langkah awal terwujudnya SDGs pada poin kedelapan, yaitu memperoleh pekerjaan yang layak khususnya bagi siswa-siswi MI Miftahul Ulum yang bercita-cita sebagai atlet sepak bola.

“Tujuan utamanya sih bikin siswa-siswi MI Miftahul Ulum itu biar suka olahraga sedari kecil. Kita ajarin juga keterampilan sepak bola, gak hanya bermain tetapi juga gimana interaksi, membangun hubungan, dan cara memimpin tim. Harapannya biar bisa diimplementasikan khususnya buat mereka yang pengen jadi atlet sepak bola,” jelas Mohammad Anugrah Ramadhany selaku ketua pelaksana.

Kegiatan Pekan Olahraga Ngingit ini tentu mendapatkan respon positif dari pihak MI Miftahul Ulum, terbukti dengan kerja sama yang baik di antara pihak sekolah dan Tim KKN Blok UM. Tidak hanya pihak sekolah, siswa-siswi juga sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan PON ini. Terbukti dari beberapa siswa yang memperhatikan arahan salah satu mahasiswa Tim KKN di lapangan. Sebagai ketua pelaksana, Anugrah Ramadhany berharap dengan diselenggarakannya Pekan Olahraga Ngingit ini bisa menumbuhkan semangat berolahraga sejak dini khususnya bagi siswa-siswi MI Miftahul Ulum. 

Translate »
Skip to toolbar