Preaload Image

Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini bagi Siswa-Siswi MI Miftahul Huda Desa Duwet Krajan Demi Mewujudkan SDGs

Siswa-siswi kelas 4A MI Miftahul Huda pada hari Rabu (15/12/21) mendapatkan pembelajaran literasi keuangan berupa menabung. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan para siswa untuk menerapkan sifat gemar menabung. Program yang diikuti oleh 23 siswa ini merupakan satu dari serangkaian program kerja yang dilakukan oleh Tim pengabdian membangun Desa Univeristas Negeri Malang di Desa Duwet Krajan. Kegiatan ini mendukung adanya Sustainable Development Goals (SDGs) antara lain SDGs 4 yaitu pendidikan bermutu yang diwujudkan dengan adanya pendidikan literasi keuangan, SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dan juga SDGs 10 mengurangi ketimpangan yaitu dengan semua masyarakat memiliki tabungan  dapatmeningkatkan ekonomi, serta SDGs 3 kesehatan yang baik dan kesejahteraan bagi siswa dengan membudayakan menabung.

Kegiatan dilaksanakan di MI Miftahul Huda, Desa Duwet Krajan, Kec.Tumpang, Kab.Malang sejak pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 11.30 WIB. Acara tersebut dilaksanakan oleh kelompok pengabdian membangun Desa Duwet Krajan. Kelompok pengabdian tersebut dibina oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A. dengan 13 mahasiswa dari prodi S1 Akuntansi sebagai anggota kelompok (Gracia Angelina Nawang Wulan, Ahmad Hikami, Intan Dilla Sabilah, Tioryta Grasella Sijabat, Gusti B’tari Artichah, Gita Gloria Christy, Dania Anitsa, Alfi Rosyidah Hamim, Fera Pebriyanti, Ajeng Purbaningrum, Uswatur Rizkiyah, Sayyid Achmad Abdillah, Faridah Puteri Permatasari).

Kegiatan dibuka dengan perkenalan, doa dan pre-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui pemahaman awal siswa tentang menabung. Soal pre-test terdiri dari 9 soal dan dikerjakan oleh masing-masing siswa selama kurang lebih 20 menit.

Suasana Perkenalan

Quiz tentang Materi Menabung

Selanjutnya, dilakukan pemberian materi tentang menabung. Materi ditampilkan dalam slide power point yang menarik dan dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Pada sesi ini juga dilakukan interaksi dengan siswa agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan. Pada akhir sesi, dilakukan quiz untuk mengetahui apakah siswa-siswi dapat menangkap dan mengingat materi yang diberikan. Kegiatan berjalan dengan lancar dan menyenangkan karena siswa-siswi aktif menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh pemateri. Untuk memeriahkan suasana, diberikan hadiah bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan. Hadiah tersebut berupa buku tulis dan set alat tulis.

Setelah diberikan materi, dilaksanakan post test yang hasilnya akan dibandingkan dengan pre-test untuk mengetahui apakah target kegiatan yaitu mengajarkan para siswa untuk menerapkan sifat gemar menabung sudah tercapai. Soal post-test yang diberikan sama dengan soal pre-test. Kegiatan ini berlangsung sekitar 15 menit. Hasilnya 70% siswa mengalami peningkatan dalam hasil post test. Sehingga, dapat diartikan bahwa siswa dapat menyerap dan memahami materi yang diberikan. Sebanyak 3 siswa dengan hasil post test terbaik mendapatkan hadiah berupa puzzle.

Pembagian Kaleng

Penyerahan Hadiah

Kemudian, siswa-siswi diajak untuk berkreasi membuat celengan. Tim pengabdian membangun desa memberikan celengan polos dari karton dan selembar tabel harian yang berisi sekumpulan angka. Lembaran tersebut dapat diwarnai sesuai selera mereka dan akan ditempelkan di celengan yang telah diberikan. Nantinya, ketika siswa memasukkan uang ke dalam celengan, maka satu kolom di tabel harus dicoret. Fungsi tabel harian tersebut untuk mengetahui target menabung yang akan dikumpulkan.

Ulya (11), salah satu siswi MI Miftahul Huda menyampaikan kesan atas dilaksanakannya kegiatan ini.”Saya sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini karena bisa membuat kita tau pentingnya menabung, serta kakak-kakaknya sangat asik”. Sifa (10), juga mengungkapkan kesan yang serupa, selanjutnya ia juga menambahkan harapan bahwa semoga teman-teman (re: siswa kelas 4A) semua semakin rajin menabung mulai sekarang.

Program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok pengabdian membangun Desa Duwet Krajan diharapkan dapat sedikit meningkatkan literasi keuangan bagi anak-anak melalui edukasi pentingnya menabung. Diharapkan materi yang diberikan dapat diaplikasikan dengan baik dan bermanfaat bagi siswa siswi MI Miftahul Huda kelas 4a.

Translate »
Skip to toolbar