Efektifitas Penerapan Metode Latihan (Drill) Berbantuan Wondershare Quiz Creator Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan

Rusmalasari, Juwita Bintari. 2016. Efektifitas Penerapan Metode Latihan (Drill) Berbantuan Wondershare Quiz Creator Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P., (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata kunci: Metode latihan (drill), wondershare quiz creator, hasil belajar

Metode yang digunakan seorang guru dalam pembelajaran akan menentukan hasil dari pembelajaran. Pembelajaran akan efektif jika dengan metode pembelajaran tersebut, siswa menjadi lebih mudah dalam memahami pelajaran, tidak mudah jenuh dan termotivasi untuk belajar. Salah satu metode yang diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan dalam mengerjakan soal latihan adalah metode latihan (drill). Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode latihan (drill) berbantuan wondershare quiz creator dan siswa yang diajar dengan metode latihan (drill) berbasis paper based dan mengetahui persepsi siswa tentang penerapan metode latihan (drill) berbantuan wondershare quiz creator. Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasy-Eksperimental dengan desain penelitian Non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pemuda 1 Kesamben. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AK-1 berjumlah 25 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X AK-2 berjumlah 27 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang diberikan berupa pretest dan posttest. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih nilai posttest dan nilai pretest (gainscore).
Hasil analisis nilai hasil belajar (gainscore) menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 20,88 dan kelas kontrol sebesar 16,16. Hasil uji t independent sample pada penerapan metode latihan (drill) berbantuan wondershare quiz creator diperoleh nilai signifikansi atau nilai probabilitas sebesar 0,033 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas tersebut. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah: (1) Bagi sekolah: diharapkan pihak sekolah mendorong guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan selalu memperbaharui dan mengembangkan kompetensinya. (2) Bagi guru: dalam proses pembelajaran sebaiknya menggunakan metode latihan (drill) berbantuan wondershare quiz creator, agar KBM lebih menarik dan tidak membosankan. (3) Peneliti selanjutnya, diharapkan untuk melakukan penelitian pada materi lain, menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas, dan melakukan penilaian hasil belajar tidak hanya pada ranah kognitif, tetapi juga pada ranah afektif dan psikomotor.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *