Efektivitas Pemungutan Pajak Restoran Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Canggih, Era Dwi . 2015 . Efektivitas Pemungutan Pajak Restoran Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Eka Ananta Sidharta S.E, M.M, Ak. CA

Kata Kunci: Efektivitas Pemungutan Pajak Restoran, Pajak Restoran.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi pemungutan pajak restoran yang sudah dilakukan DPKD Kabupaten Pasuruan. Pada akhir penelitian ini berisi tentang perbandingan Antara prosedur pemungutan pajak yang sesuai dengan aturan dengan praktek lapangan. Dari penelitian ini dapat diketahui optimalisasi pendapatan juga ketahanan yang dihadapi oleh DPKD Kabupaten Pasuruan dan juga untuk mengetahui solusi untuk menghadapi masalah yang terjadi.
Usaha untuk memenuhi tujuan, penulis melakukan perbandingan antara prosedur pemungutan pajak yang sesuai dengan Perda No. 21 Tahun 2011 dengan pemungutan pajak di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan mempelajari bibiliograf dan dokumen yang didapatkan dari lokasi penelitian. Disamping itu, data juga digunakan untuk memperoleh hasil dari wawancara dengan pegawai pemungutan pajak secara kekeluargaan.
Dengan membandingkan indikasi di atas, menunjukkan bahwa prosedur pemungutan pajak restoran ada perbedaan dan masalah yang dihasilkannya belum maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pemungutan di lapangan belum sesuai dengan Perda No. 21 Tahun 2011 hal ini disebabkan karena kurang sadarnya wajib pajak akan pentingnya pajak pada suatu daerah berkembang.
Dari penelitian ini, penulis berharap dapat memberi kritik dan saran untuk DPKD Kabupaten Pasuruan dan berharap pemungutan dapat lebih optimal dengan baik dan benar sehingga dapat meningkatkan jumlah penghasilan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *