Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Aplikasi Swishmax dengan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK

Setiawan, Galih Rudi. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Aplikasi Swishmax dengan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P., (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

Kata kunci : Media Pembelajaran Swishmax, Motivasi, Hasil Belajar

Media tidak lepas dari proses belajar mengajar yang terjadi sebagai alat untuk menyampaikan informasi dari guru kepada siswa di dalam kelas maupun diluar kelas. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Namun siswa kurang motivasi belajarnya dalam mata pelajaran akuntansi dikarenakan metode guru pada saat mengajar cenderung melakukan ceramah dan media yang digunakan guru berupa slide power point kurang inovasi sehingga terjadi kejenuhan dan kebosanan dalam diri siswa saat melakukan kegiatan pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan aplikasi swishmax efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan bentuk desain nonequivalen control grup design. Instrumen yang digunakan adalah pretest, posttest, dan kuesioner (angket).

Hipotesis dalam penelitian ini adalah (Ha) 1 penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan aplikasi swishmax lebih efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dibandingkan menggunakan media pembelajaran slide power point, (Ha) 2 penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan aplikasi swishmax lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dibandingkan menggunakan media pembelajaran slide power point.

Dari hasil uji prasarat diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian (Ha) 1 menggunakan uji independent sample T test diperoleh Sig.(2-tailed) 0,001<0,05 artinya penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan aplikasi swishmax lebih efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dibandingkan menggunakan media pembelajaran slide power point, dan pengujian (Ha) 2 diperoleh Sig.(2-tailed) 0,000<0,05, artinya penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan aplikasi swishmax lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dibandingkan menggunakan media pembelajaran slide power point. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan aplikasi swishmax lebih efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dibandingkan menggunakan media pembelajaran slide power point. Oleh karena itu, pihak sekolah diharapkan sering memberi pelatihan penggunaan media pembelajaran khususnya media pembelajaran swishmax, dan guru diharapkan lebih mengoptimalkan media pembelajaran swishmax pada pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa, serta menerapkan media ini pada pokok bahasan lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *