Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2012-2014)

Ekkysandro, Fredy. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2012-2014). Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak., (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Dewan Komisaris, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. Good Corporate Governance diproksikan oleh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Dewan Komisaris, Corporate Social Responsibility.
Krisis ekonomi yang melanda Asia saat ini menimbulkan debat dan perenungan yang mendalam terhadap karakter mendasar dari krisis ini, kesalahan-kesalahan yang telah mendorong terjadinya krisis, seberapa jauh tindakan-tindakan perubahan dan perbaikan telah membawa hasil serta langkah-langkah untuk mencegah berulangnya krisis.
Pada saat tanda-tanda ekonomi Asia mulai pulih kembali, masalah pengelolaan perusahaan (corporate governance) tetap menjadi perhatian utama. Kita telah melihat lemahnya standar pengelolaan perusahaan memainkan peran kunci dalam mendorong terjadinya krisis, maka meningkatkan standar pengelolaan perusahaan merupakan salah satu kunci bagi perubahan yang penting untuk mengatasi krisis.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Sampel yang digunakan berjumlah 48. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan kepemilikan manajerial dan corporate social responsibility berpengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional, komite audit, dan dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *