engaruh Kemandirian Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata pelajaran Pengantar Akuntansi di SMK Swasta Kota Malang

Permatasari, Widya Resty. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata pelajaran Pengantar Akuntansi di SMK Swasta Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (II) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., C.A.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Hasil Belajar, SMK Swasta Kota Malang

Keberhasilan pendidikan di sekolah-sekolah umumnya didasarkan pada hasil belajar yang diperoleh siswa, semakin tinggi hasil belajar siswa semakin baik pula proses pendidikan yang telah dilakukan, begitu pula sebaliknya. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan proses belajar. Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar di antaranya adalah variabel kemandirian belajar dan status sosial ekonomi orang tua. Variabel kemandirian belajar didukung oleh teori personologi yang dikemukakan oleh Henry Murray, sementara variabel status sosial ekonomi orang tua didukung oleh teori perkembangan ekologi bronfenbrenner yang dikemukakan oleh Urie Bronfenbrenner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi di SMK swasta kota Malang.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi di SMK Swasta Kota Malang dengan jumlah 144 siswa dan dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling sehingga digunakan 106 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel kemandirian belajar dan status sosial ekonomi orang tua, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi hasil belajar siswa, begitu pula sebaliknya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *