Faktor-faktor yang Mempengaruhi Audit Report Lag Pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2014

Balkis, Vyolante Librinandya. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Audit Report Lag Pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2014, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.Ak. (II) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata kunci : umur perusahaan, ukuran perusahaan, ukuran KAP, profitabilitas, audit report lag, signaling theory

Semakin banyaknya jumlah investor di Indonesia berimplikasi terhadap meningkatnya permintaan laporan keuangan yang relevan dan andal. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi audit report lag, diharapkan auditor lebih efisien dan efektif dan merencanakan dan melaksanakan kegiatan audit agar laporan keuangan yang andal yang diharapkan oleh investor dapat segera dipublikasikan dengan tetap menjunjung profesionalitas mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi audit report lag pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi audit report lag dalam penelitian ini terdiri dari umur perusahaan, ukuran perusahaan, ukuran KAP, dan profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2014. Pemilihan sampel dalam penelian ini dilakukan berdasarkan pooled-data sehingga n data berjumlah 48 perusahaan. Metode dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari laporan tahunan yang dipubliksikan oleh Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji F, dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur perusahaan, ukuran perusahaan, ukuran KAP, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Diperkirakan karena adanya peraturan BAPEPAM yang mewajibkan setiap perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk melaporkan laporan keuangan tahunannya selambat-lambatnya 90 hari setelah tanggal neraca. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar peneliti selanjutnya untuk menambah periode penelitian dan menggunakan variabel yang lebih variatif yang diduga memiliki pengaruh terhadap audit report lag.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *