Fasilitas Akademik

Akses Akademik

Fasilitas Akademik

Program Studi

PERPUSTAKAAN

     Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang (UM) dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan. Perpustakaan UM memberikan layanan literasi cetak dan digital. Perpustakaan UM dapat menampung 500 pengunjung duduk dengan total 110.116 judul buku dari berbagai bidang ilmu. Pada bidang ilmu sosial terdapat 17.440 judul buku dengan 48.031 eksemplar yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran oleh civitas akademika Departemen Akuntansi.

    Layanan digital Perpustakaan Pusat UM mencakup penyediaan informasi pustaka melalui http://lib.um.ac.id dan hasil karya civitas akademika UM melalui http://mulok.library.um.ac.id. Perpustakaan Pusat UM berlangganan (e-journal) yang berasal dari 11 provider antara lain Springer, Wiley, Proquest, ScienceDirect, Sage Journal, Taylor & Francis, Cambridge Journal, JSTOR, Emerald, Oxford, dan Nature. Bagi civitas akademika di lingkungan UM yang ingin melakukan peminjaman Pustaka cetak dapat dilakukan melalui portal Layanan Mandiri Pemesanan, Peminjaman & Perpanjangan Bahan Pustaka (SIPADU).

     Perpustakaan FEB berada di Gedung D10 lantai 2 tepat di antara Gedung D8 dan D12 yang merupakan pusat aktivitas pembelajaran mahasiswa FEB. perpustakaan FEB memiliki koleksi 5.328 judul buku dengan total 17.793 eksemplar, jurnal nasional dan internasional yang dapat diakses di area FEB melalui http://jurnal.feum.net, karya ilmiah (tesis, skripsi, dan tugas akhir), kamus, laporan Bank Indonesia, Laporan Penelitian, dsb. Civitas akademika di lingkungan FEB dapat melakukan peminjaman Pustaka dengan datang secara langsung dan melalui layanan peminjaman online melalui SIPADU. Kunjungan secara langsung menerapkan tata cara sebagai berikut:

    1. Mahasiswa UM wajib membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sendiri untuk presensi dan KTP/SIM untuk peminjaman Kunci Loker.
    2. Mahasiswa dari luar UM wajib membawa Surat Pengantar dari perguruan tinggi yang bersangkutan, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) untuk presensi, dan KTP/SIM untuk peminjaman Kunci Loker.
    3. Setiap pengunjung wajib menitipkan: tas, tas laptop, dan jaket ke dalam loker yang tersedia.

Pusat Data Bisnis (PDB) merupakan pusat literasi keuangan yang dikelola oleh Departemen Akuntansi. PDB menyediakan koleksi buku-buku di bidang Akuntansi dan Keuangan, data keuangan, laporan keuangan berkala perusahaan terdaftar di BEI, karya literatur dan jurnal tahun, serta penyediaan buku praktikum. Data keuangan yang adalah data dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik itu laporan keuangan triwulan, tahunan maupun annual report perusahaan. Permintaan data dapat dilakukan dengan:

    1. Mengisi Formulir Permintaan Data PDB sesuai dengan kebutuhan data yang diminta
    2. Formulir yang sudah diisi diberikan kepada Petugas PDB
    3. Data akan disediakan dalam kurun waktu 1 x 24 jam

Data dapat langsung diambil di PDB atau melalui google drive setelah melakukan konfirmasi kepada Petugas

 Formulir Permintaan Data PDB 
Lakukan Peminjaman Bahan Pustaka

LABORATORIUM

Laboratorium Akuntansi Departemen Akuntansi berada di Gedung D9 lantai 2. Laboratorium ini menyediakan 40 perangkat komputer dan dapat menampung 40 mahasiswa. Laboratorium ini utamanya digunakan untuk mendukung proses pembelajaran matakuliah Praktikum Akuntansi, Praktikum Perpajakan, dan Praktikum Audit. Laboratorium ini juga dimanfaatkan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam mengaplikasikan komputer dalam mendukung kemampuan teknik dalam bidang Akuntansi. Komputer yang disediakan dilengkapi dengan Software Enterprise Resource Planning (ERP) dan Audit Command Language (ACL).

Untuk dapat menggunakan laboratorium ini di luar perkuliahan yang telah dijadwalkan, beberapa prosedur perlu untuk dilakukan:

    1. Memastikan jadwal penggunaannya terlebih dahulu pada bagian pengelolaan kelas di Gd. D10 lantai 1.
    2. Membuat surat peminjaman yang disetujui oleh Wakil Dekan II
    3. Menyampaikan surat peminjaman yang telah ditandatangani ke Sub Koordinator Umum dan Barang Milik Negara – FEB dan mengisi buku peminjaman ruangan.

 

     Laboratorium Komputer Departemen Akuntansi berada di Gedung D8 lantai 3 di ruang D8.303 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Laboratorium ini menyediakan 25 perangkat komputer dan dapat menampung 25 mahasiswa. Laboratorium ini utamanya digunakan untuk mendukung proses pembelajaran matakuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Komputer Akuntansi.

     Laboratorium ini juga dimanfaatkan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam mengaplikasikan komputer dalam mendukung kemampuan teknik dalam bidang Akuntansi. Komputer yang disediakan dilengkapi dengan Software Accurate & MYOB. Untuk dapat menggunakan laboratorium ini di luar perkuliahan yang telah dijadwalkan, dosen atau mahasiswa perlu memastikan jadwal penggunaannya terlebih dahulu pada bagian pengelolaan kelas di Gedung D10 lantai 1 dan kemudian melakukan penjadwalan pada tanggal yang dikehendaki langsung pada petugas.

Format Surat Peminjaman Ruang/Aula/Peralatan

GALERI
INVESTASI
BURSA
EFEK
INDONESIA
(GIBEI)

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia adalah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi dan masyarakat umum. Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang didirikan pertama kali pada tahun 2009. Tujuan didirikannya GIBEI FEB UM adalah:

  1. Memperkenalkan sejak dini mengenai pasar modal
  2. Mewadahi minat bakat seluruh civitas akademika Universitas Negeri Malang
  3. Memperkenalkan Pasar Modal dari sisi teori maupun prakteknya

Agar tujuan-tujuan diatas dapat tercapai GIBEI FEB UM dibantu oleh Kelompok Studi Pasar Modal dalam pelaksanaannya. Adapun pengertian dari KSPM adalah organisasi yang bergerak dalam bidang atau hal-hal terkait pasar modal. Pengurus KSPM FEB UM terdiri dari mahasiswa/mahasiswi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan untuk anggota terdiri dari mahasiswa/mahasiswi semua jurusan di Universitas Negeri Malang. Sebagai organisasi yang membantu GIBEI dalam melaksanakan tugas, KSPM FEB UM juga memiliki visi menjadi wadah untuk menyosialisasikan dan mengimplementasikan ilmu mengenai pasar modal kepada Civitas Akademika – Universitas Negeri Malang dan masyarakat luas. Visi tersebut direalisasikan dengan cara 1) Melakukan sosialisasi ilmu mengenai pasar modal kepada Civitas Akademika – Universitas Negeri Malang dan masyarakat luas; 2) Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang pasar modal; dan 3) Mengimplementasikan ilmu-ilmu dalam bidang pasar modal.

Sesuai dengan tujuan GIBEI dan Visi Misi KSPM UM, setiap tahun GIBEI dan KSPM UM berkolaborasi untuk membuat kegiatan – kegiatan yang dapat memberikan wawasan dan membantu tidak hanya civitas Universitas Negeri Malang tapi juga masyarakat umum mengenai pasar modal. Program-program unggulan yang rutin diadakan GIBEI dan KSPM FEB UM diantaranya:

  1. Sosialisasi Pasar Modal

Sosialisasi pasar modal merupakah kegiatan yang diadakan khusus untuk anggota KSPM FEB UM. Kegiatan ini biasanya mengundang narasumber – narasumber yang sudah

ahli dalam bidang pasar modal. Dalam kegiatan ini, anggota KSPM akan mendapat materi terkait dasar pasar modal dan investasi. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus penyambutan kepada anggota baru KSPM. SPM biasanya akan diadakan secara offline di Aula D10 UM, namun 2 tahun terakhir SPM diadakan secara online karena pandemik Covid-19.

2. Open Account Sekuritas bersama Phintraco Sekuritas

Open Account Sekuritas atau OA adalah kegiatan yang berisikan sosialisasi dan bimbingan untuk membuka akun sekuritas bersama partner GIBEI dan KSPM FEB UM yakni Phintraco Sekuritas. Setelah mendapatkan materi terkait dasar investasi dan pasar modal, hal selannjutnya yang dapat dilakukan adalah membuat akun untuk bertransaksi dalam investasi. Melalui Open Account ini, pengurus, anggota KSPM, Pembina GIBEI dan Civitas Akademika Universitas Negeri Malang akan dibimbing untuk pembukaan akun Phintraco. Kabar baik terkait Open Account, bahwa mulai tahun 2022 kegiatan Open Account Sekuritas akan diadakan untuk umum, dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang merasa kesulitan dalam pembukaan akun sekuritas.

3. Seminar Nasional dan Call For Paper

Selain kedua program diatas, Seminar Nasional dan Call for Paper atau SEMNAS & CFP juga merupakan program unggulan dari GIBEI dan KSPM FEB UM. Seminar Nasional akan mengundang narasumber yang ahli tidak hanya pasar modal namun juga ahli dalam finance. Hampir mirip dengan Sosialisasi pasar modal, bedanya Seminar Nasional ini terbuka untuk umum. Sebelum pelaksanaan seminar nasional, ada rangkaian kegiatan yang diadakan yaitu Call for Paper (CFP). CFP ini merupakan perlombaan untuk menulis paper/artikel terkait pasar modal, kegiatan CFP ini mulai diadakan sejak 2021. Adanya perlombaan artikel/paper ini juga untuk menunjang akreditasi jurusan dimana salah satu penilaian akreditasi adalah berapa banyak paper yang diterbitkan suatu jurusan. Selain itu, dengan adanya paper yang diterbitkan secara ISSN dapat menaikkan kredibilitas GIBEI dan KSPM FEB UM.

4. Capital Market Competition

Capital Market Competition (CMC) merupakan ajang kompetisi Virtual Trading dan Paper tingkat nasional yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. CMC merupakah salah satu program unggulan karena kegiatan ini sudah diikuti lebih dari 100 tim dari berbagai universitas di seluruh Indonesia dalam 2 tahun terakhir. Virtual Trading sendiri yaitu mahasiswa dapat bertransaksi dalam real market namun dengan modal virtual. Peserta lomba akan diberikan sejumlah modal virtual yang bisa digunakan selama trading, dimana mahasiswa yang berkompetisi seolah-olah sedang terjun langsung dan memiliki modal real. 10 Peserta/tim dengan nilai transaksi akhir tertinggi akan melakukan presentasi mengenai analisis dari trading yang dilakukan. Selain itu, yang membuat CMC begitu menjadi primadona di kalangan mahasiswa dalah jumlah hadiah yang diberikan mencapai 12 juta rupiah.

5. Kunjugan Eksternal

Kunjungan Eksternal merupakan program terbaru dari GIBEI dan KSPM FEB UM. Kegiatan kunjugan eksternal merupakan kegiatan offline pertama pada tahun 2022. Yang ini akan dihadiri civitas luar Universitas Negeri Malang seperti siswa-siswi SMA yang ingin belajar terkait pasar modal dan investasi melalui GIBEI dan KSPM FEB UM. Kegiatan ini dimulai dari penyambutan kedatangan tamu, sambutan dari Dekan FEB UM, penyampaian materi yang akan disampaikan oleh pengurus KSPM, dilanjutkan dengan tanya jawabb dan kuis berhadiah. Selain itu, tamu kunjungan akan berkesempatan untuk berkunjung ke GIBEI FEB UM.

Tentunya dalam melaksanakan tugas pastinya perlu tempat yang nyaman dan aman. Nah, GIBEI sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh KSPM.

    1. Ruangan full AC
          Ruangan full AC yang tentunya akan membuat para pengurus KSPM merasa nyaman jika mengadakan
          kegiatan rapat, diskusi atau evaluasi.
    2. Komputer
          sebagai organisasi yang berfokus pada pasar modal, GIBEI dan KSPM FEB UM sudah pasti harus selalu
          update terkait investasi. Oleh karena itu ruangan dilengkapi dengan komputer lengkap dengan
          keyboard dan mouse untuk mempermudah jika ingin mendapat informasi terkait Real Market.

 

TEMPAT
UJI
KOMPETENSI
(TUK)

Visi TUK FE UM:

Menjadi tempat uji kompetensi dalam rangka sertifikasi profesi teknik akuntansi yang diakui secara regional, nasional dan internasional serta berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia.

Misi

    1. Menyelenggarakan uji sertifikasi kompetensi teknisi akuntansi sesuai dengan standar kompentensi dunia usaha dan ikatan profesi akuntansi berdasarkan pedoman dari LSP Teknisi Akuntansi.
    2. Menjadi mitra dunia usaha, lembaga pendidikan dan pemerintah dalam pengembangan dan peningkatan kualitas teknik akuntansi melalui uji sertifikasi kompetensi.

     Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi dilakukan oleh Tempat Uji Kompetensi Teknisi Akuntansi (TUKTA). TUKTA menyelenggarakan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi, di bawah naungan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSPTA), berdasarkan mekanisme Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Keberadaan TUKTA bertujuan untuk menciptakan link and match  antara  kompetensi professional di bidang akuntansi dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia di dunia kerja. Terdapat 11 klaster untuk skema sertifikasi yaitu;

    1. Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP
    2. Pengoperasian Aplikasi Akuntansi Berbasis Komputer
    3.  Pengelolaan Dokumen Dasar Kas
    4. Buku Besar Pembantu
    5. Pengelolaan Buku Besar Pembantu
    6. Pengelolaan Harga Pokok Produk
    7. Pengelolaan Sistem Informasi Akuntansi
    8. Pengelolaa Adminstrasi Perpajakan
    9. Penyusunan Laporan dan Kinerja Keuangan Berbasis SAK
    10. Penyusunan Informasi Akuntansi Manajemen
    11. Penerimaan Informasi Keuangan, dan
    12. Klaster Penyelia Staf Akuntansi.

     Keberadaaan TUKTA menjadi wadah bagi calon lulusan maupun mahasiswa aktif Departeman Akuntansi UM untuk mendapatkan sertifikat pendamping ijazah. TUKTA juga melayani penyelenggaraan uji sertifikasi untuk alumni maupun pihak luar yang lain.

Ketua

Rizky Firmansyah, S.E., M.S.A.

Sekretaris

Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun.

Bendahara

Ria Zulkha Ermayda, SST., M.Si.

Seksi Mutu

Novi Trisnawati, S.E., M.S.A

Seksi Humas

Fitri Purnamasari, S.E., M.S.A.