Preaload Image

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia adalah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi dan masyarakat umum. Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang didirikan pertama kali pada tahun 2009. Tujuan didirikannya GIBEI FEB UM adalah:

  1. Memperkenalkan sejak dini mengenai pasar modal
  2. Mewadahi minat bakat seluruh civitas akademika Universitas Negeri Malang
  3. Memperkenalkan Pasar Modal dari sisi teori maupun prakteknya

Agar tujuan-tujuan diatas dapat tercapai GIBEI FEB UM dibantu oleh Kelompok Studi Pasar Modal dalam pelaksanaannya. Adapun pengertian dari KSPM adalah organisasi yang bergerak dalam bidang atau hal-hal terkait pasar modal. Pengurus KSPM FEB UM terdiri dari mahasiswa/mahasiswi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan untuk anggota terdiri dari mahasiswa/mahasiswi semua jurusan di Universitas Negeri Malang. Sebagai organisasi yang membantu GIBEI dalam melaksanakan tugas, KSPM FEB UM juga memiliki visi menjadi wadah untuk menyosialisasikan dan mengimplementasikan ilmu mengenai pasar modal kepada Civitas Akademika – Universitas Negeri Malang dan masyarakat luas. Visi tersebut direalisasikan dengan cara 1) Melakukan sosialisasi ilmu mengenai pasar modal kepada Civitas Akademika – Universitas Negeri Malang dan masyarakat luas; 2) Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang pasar modal; dan 3) Mengimplementasikan ilmu-ilmu dalam bidang pasar modal.

Program Kerja

Sesuai dengan tujuan GIBEI dan Visi Misi KSPM UM, setiap tahun GIBEI dan KSPM UM berkolaborasi untuk membuat kegiatan – kegiatan yang dapat memberikan wawasan dan membantu tidak hanya civitas Universitas Negeri Malang tapi juga masyarakat umum mengenai pasar modal. Program-program unggulan yang rutin diadakan GIBEI dan KSPM FEB UM diantaranya:

  1. Sosialisasi Pasar Modal

Sosialisasi pasar modal merupakah kegiatan yang diadakan khusus untuk anggota KSPM FEB UM. Kegiatan ini biasanya mengundang narasumber – narasumber yang sudah

ahli dalam bidang pasar modal. Dalam kegiatan ini, anggota KSPM akan mendapat materi terkait dasar pasar modal dan investasi. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus penyambutan kepada anggota baru KSPM. SPM biasanya akan diadakan secara offline di Aula D10 UM, namun 2 tahun terakhir SPM diadakan secara online karena pandemik Covid-19.

2. Open Account Sekuritas bersama Phintraco Sekuritas

Open Account Sekuritas atau OA adalah kegiatan yang berisikan sosialisasi dan bimbingan untuk membuka akun sekuritas bersama partner GIBEI dan KSPM FEB UM yakni Phintraco Sekuritas. Setelah mendapatkan materi terkait dasar investasi dan pasar modal, hal selannjutnya yang dapat dilakukan adalah membuat akun untuk bertransaksi dalam investasi. Melalui Open Account ini, pengurus, anggota KSPM, Pembina GIBEI dan Civitas Akademika Universitas Negeri Malang akan dibimbing untuk pembukaan akun Phintraco. Kabar baik terkait Open Account, bahwa mulai tahun 2022 kegiatan Open Account Sekuritas akan diadakan untuk umum, dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang merasa kesulitan dalam pembukaan akun sekuritas.

3. Seminar Nasional dan Call For Paper

Selain kedua program diatas, Seminar Nasional dan Call for Paper atau SEMNAS & CFP juga merupakan program unggulan dari GIBEI dan KSPM FEB UM. Seminar Nasional akan mengundang narasumber yang ahli tidak hanya pasar modal namun juga ahli dalam finance. Hampir mirip dengan Sosialisasi pasar modal, bedanya Seminar Nasional ini terbuka untuk umum. Sebelum pelaksanaan seminar nasional, ada rangkaian kegiatan yang diadakan yaitu Call for Paper (CFP). CFP ini merupakan perlombaan untuk menulis paper/artikel terkait pasar modal, kegiatan CFP ini mulai diadakan sejak 2021. Adanya perlombaan artikel/paper ini juga untuk menunjang akreditasi jurusan dimana salah satu penilaian akreditasi adalah berapa banyak paper yang diterbitkan suatu jurusan. Selain itu, dengan adanya paper yang diterbitkan secara ISSN dapat menaikkan kredibilitas GIBEI dan KSPM FEB UM.

4. Capital Market Competition

Capital Market Competition (CMC) merupakan ajang kompetisi Virtual Trading dan Paper tingkat nasional yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. CMC merupakah salah satu program unggulan karena kegiatan ini sudah diikuti lebih dari 100 tim dari berbagai universitas di seluruh Indonesia dalam 2 tahun terakhir. Virtual Trading sendiri yaitu mahasiswa dapat bertransaksi dalam real market namun dengan modal virtual. Peserta lomba akan diberikan sejumlah modal virtual yang bisa digunakan selama trading, dimana mahasiswa yang berkompetisi seolah-olah sedang terjun langsung dan memiliki modal real. 10 Peserta/tim dengan nilai transaksi akhir tertinggi akan melakukan presentasi mengenai analisis dari trading yang dilakukan. Selain itu, yang membuat CMC begitu menjadi primadona di kalangan mahasiswa dalah jumlah hadiah yang diberikan mencapai 12 juta rupiah.

5. Kunjugan Eksternal

Kunjungan Eksternal merupakan program terbaru dari GIBEI dan KSPM FEB UM. Kegiatan kunjugan eksternal merupakan kegiatan offline pertama pada tahun 2022. Yang ini akan dihadiri civitas luar Universitas Negeri Malang seperti siswa-siswi SMA yang ingin belajar terkait pasar modal dan investasi melalui GIBEI dan KSPM FEB UM. Kegiatan ini dimulai dari penyambutan kedatangan tamu, sambutan dari Dekan FEB UM, penyampaian materi yang akan disampaikan oleh pengurus KSPM, dilanjutkan dengan tanya jawabb dan kuis berhadiah. Selain itu, tamu kunjungan akan berkesempatan untuk berkunjung ke GIBEI FEB UM.

Sarana dan Prasarana GIBEI

Tentunya dalam melaksanakan tugas pastinya perlu tempat yang nyaman dan aman. Nah, GIBEI sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh KSPM.

  • Ruangan full AC

    Ruangan full AC yang tentunya akan membuat para pengurus KSPM merasa nyaman jika mengadakan kegiatan rapat, diskusi atau evaluasi.

  • Komputer

    Sebagai organisasi yang berfokus pada pasar modal, GIBEI dan KSPM FEB UM sudah pasti harus selalu update terkait investasi. Oleh karena itu ruangan dilengkapi dengan komputer lengkap dengan keyboard dan mouse untuk mempermudah jika ingin mendapat informasi terkait Real Market.

Translate »
Skip to toolbar