Preaload Image

GIAT WUJUDKAN SDGS 2030: TIM DEPARTEMEN AKUNTANSI FEB UM 2021 LAKUKAN KERJA BAKTI DUSUN TRAJENG, DESA PAKISJAJAR

Universitas Negeri Malang siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan SDGs 2030. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kerja bakti. Kerja bakti ini sendiri diharapkan dapat mewujudkan tujuan SDGs 3 dan 15. Tujuan SDGs 3 merupakan jaminan kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk. Hal tersebut dapat tercapai dengan adanya kegiatan kerja bakti sehingga diharapkan lingkungan masyarakat sekitar menjadi bersih dan aman untuk masyarakat. Tujuan 15 SDGs untuk melindungi, merestorasi, dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, dan lain-lain. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan lahan dengan sebaik mungkin, tidak untuk dijadikan tempat pembuangan akhir saja. Pada pelaksanaan kerja bakti ini, mahasiswa MBKM UM 2021 turut membantu dalam persiapan kegiatan bersih desa yang dilaksanakan pada Minggu 26 Desember 2021. Kegiatan kerja bakti tersebut dimulai pada pukul 06.00 hingga selesai. Kegiatan tersebut meliputi bersih-bersih jalan menuju makam dan membantu memilah sampah di TPS setempat.

Antusias warga dalam kegiatan ini sangatlah tinggi, dapat dilihat dari banyaknya warga yang ikut serta dalam kegiatan kerja bakti tersebut. Warga berbondong bondong berkumpul dengan membawa peralatan masing masing seperti cangkul, sabit, dan golok. Warga mulai membersihkan rumput ilalang dan menggali selokan atau jalur air pembuangan yang tertimbun tanah. Ibu-ibu di Dusun Trajeng juga ikut serta dalam kerja bakti dengan memilah milah sampah yang sudah terkumpul di TPS. Beberapa warga yang lain mengumpulkan rumput dan batang pohon yang berserakan untuk dibakar agar tidak menumpuk. Dengan penuh semangat warga membersihkan makam yang cukup luas itu dalam waktu singkat. Sebelum tengah hari atau sebelum waktu dhuhur, kerja bakti telah selesai dan dilanjutkan dengan beristirahat sembari sarapan dan berbincang-bincang dengan warga yang lain. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh ±50 Warga Desa Pakisjajar termasuk Kepala Dusun dan perangkat desa lain yang turut serta dalam kegiatan tersebut. Selain menjaga kebersihan makam dari ilalang yang tinggi dan memilah sampah di TPS, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi para warga ditambah dengan mahasiswa MBKM UM yang turut serta melestarikan budaya gotong royong di desa Pakisjajar. Warga Desa Pakisjajar dalam kegiatan kerja bakti tersebut, juga memberikan wadah untuk Mahasiswa MBKM UM agar dapat mengenal Warga Desa Pakisjajar, khususnya Dusun Trajeng secara lebih dalam. 

 

Translate »
Skip to toolbar