Implementasi Authentic Assessment pada Mata Pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi Kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Safitri, Indriani. 2016. Implementasi Authentic Assessment pada Mata Pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi Kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Suparti, M.P, (II) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci : implementasi authentic assessment, mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi

Penilaian merupakan salah satu aspek perubahan dalam implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menekankan adanya pergeseran dalam pelaksanaan penilaian, yaitu dari penilaian melalui tes yang berdasarkan hasil saja menuju ke penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang tidak terpisah dari proses pembelajaran, menggunakan banyak metode dan kriteria serta mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Namun, dalam pelaksanaannya oleh guru masih dirasa menyita waktu, merepotkan, dan indikator yang harus dinilai banyak, rumit, serta rinci. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana implementasi authentic assessment pada mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Kegiatan analisis data dilakukan dengan analisis studi kasus yang dimulai dari menjodohkan pola, membuat eksplanasi, dan deret waktu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru melakukan perencanaan penilaian hasil belajar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan penilaian dilakukan pada proses pembelajaran dengan menggunakan banyak teknik dan kriteria untuk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang menunjukkan kesesuaian dengan prinsip authentic assessment. Kendala pelaksanaan penilaian dipengaruhi oleh kegiatan sekolah, tugas tambahan guru, perubahan teknik penilaian, dan keterbatasan waktu.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada sekolah untuk mengupayakan buku panduan dalam penyusunan perencanaan maupun pelaksanaan authentic assessment bagi guru. Dilakukan evaluasi atau sharing mengenai pelaksanaan pembelajaran maupun penilaian berdasarkan Kurikulum 2013. Guru melaksanakan penilaian yang sudah direncanakan dengan menggunakan instrumen penilaian dalam RPP.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *