Implementasi Keterampilan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang (Studi Kasus Siswa Kelas X Akuntansi)

Yulianto, Mochammad. 2016. Implementasi Keterampilan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang (Studi Kasus Siswa Kelas X Akuntansi). Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.Ak, Pembimbing (II): Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak

Kata Kunci: Masalah Pengelolaan Kelas, Keterampilan Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Akuntansi

Setiap guru mengajar dalam kelas tidak akan pernah lepas dari permasalahan pengelolaan kelas. Selain mengajar dan menyampaikan materi pembelajaran, tugas guru adalah mengelola kondisi kelas dan meminimalisir masalah-masalah tersebut agar tercipta lingkungan belajar yang kondusif dan efektif demi tercapainya tujuan pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa di dalam suatu kelas terdapat berbagai macam karakteristik peserta didik. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya permasalahan pengelolaan kelas. Oleh karena itu, diharapkan guru mampu menangani masalah-masalah tersebut dan menciptakan iklim kelas yang kondusif sehingga siswa dapat belajar dengan optimal.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: (1) masalah pengelolaan kelas yang cenderung muncul dalam pembelajaran akuntansi, (2) cara guru mengimplementasikan keterampilan pengelolaan kelas, (3) aspek yang menghambat guru mengimplementasikan keterampilan pengelolaan kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Subjek penelitian ini adalah guru Akuntansi yang mengajar sekaligus mengimplementasikan keterampilannya dalam mengelola kelas X Akuntansi. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden yang terkait terdiri dari guru Akuntansi sebagai informan kunci, guru wali kelas X Akuntansi, guru Agama/Wakasek Kesiswaan, dan siswa-siswi kelas X Akuntansi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa masalah-masalah yang cenderung muncul dalam pembelajaran akuntansi di kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang adalah siswa yang kurang berkonsentrasi, sering mengobrol di kelas, siswa malas belajar, siswa yang mengganggu temannya, maupun siswa ramai atau membuat gaduh di kelas. Permasalahan tersebut ditangani oleh guru dengan berbagai teknik dan pendekataan dalam mengelola kelas, yaitu dengan mendekati setiap siswanya, memberikan motivasi belajar serta menindak dan memberikan sanksi bagi siswa-siswi yang melanggar peraturan dalam kelas. Selain masalah tersebut, terdapat aspek yang menjadi kendala guru dalam mengelola kelas yaitu minimnya fasilitas belajar terutama buku paket siswa. Sementara dari pihak guru sendiri kurang kreatif dalam mengelola pembelajaran sehingga siswa kurang semangat dan bosan dengan gaya mengajar yang monoton.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *