Preaload Image

Implementasi SDG Indikator 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera bagi Ibu-ibu PKK Se- Desa Pandanrejo dengan Mengusung Tema “GERMAS dan CERDIK”

Tim Pengabdian Akuntansi FEB UM bekerjasama dengan mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang (UM), menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat dan Cerdik di Gedung Rakyat Desa Pandanrejo sebagai upaya untuk mewujudkan implementasi Indikator 3 dari Sustainable Development Goals, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Kegiatan ini dihadiri Ibu PKK se-Desa Pandanrejo. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Ibu Kepala Desa Pandanrejo dan dihadiri 2 orang narasumber serta diikuti oleh 20 orang peserta pada Januari tahun 2022. 

Tim Membangun Desa mengusung tema kesehatan dalam sosialisasi kali ini berkaitan dengan adanya program yang sedang dijalankan oleh pemerintah yaitu GERMAS dan CERDIK serta bertujuan untuk memberi kemanfaatan informasi edukasi kepada ibu-ibu pentingnya menjaga kesehatan di masa sekarang guna meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat Desa Pandanrejo.

Untuk diketahui, program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan CERDIK yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan akibat perubahan pola hidup masyarakat atau life style yang semakin modern. Masih adanya tiga masalah kesehatan yang menjadi tantangan bagi Indonesia sehingga membutuhkan perhatian lebih yaitu berkaitan dengan pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular, dan munculnya kembali jenis penyakit yang seharusnya berhasil diatasi.

Germas menjadi suatu gerakan yang berguna untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Terdapat 7 langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat diantaranya yaitu, melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan penggunaan jamban. Selain Germas, adanya sosialisasi Cerdik juga menambah wawasan bagi Ibu PKK mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Cerdik dapat dikatakan sebagai Pencegahan Penyakit Tidak Menular. Cerdik merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahlah asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress. Kemudian narasumber menutup sosialisasi dengan menambahkan informasi mengenai pencegahan stunting.

Sosialisasi kali ini telah berjalan dengan lancar dan sukses dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Akhirnya, setelah diadakannya sosialisasi kesehatan ini, diharapkan masyarakat Desa Pandanrejo dapat menerapkan dalam kehidupan nyata tentang cara menjaga kesehatan yang benar.

Translate »
Skip to toolbar