Industri Sepakbola: Pengelolaan dan Akuntabilitas Keuangan (Studi Kasus pada Klub Sepakbola Arema Cronus)

Suwandi, Adien Setya. 2016. Industri Sepakbola: Pengelolaan dan Akuntabilitas Keuangan (Studi Kasus pada Klub Sepakbola Arema Cronus). Skripsi, Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak. (II) Sulastri, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: Industri, sepakbola, pengelolaan, akuntabilitas
Industri sepakbola merupakan bentuk perkembangan dari sepakbola yang mulai merambah pada aspek ekonomi. Saat ini sepakbola bukan hanya sekedar olahraga, melainkan menjadi suatu bisnis yang dapat memberikan keuntungan. Sepakbola di Indonesia kini berada dalam masa transisi menuju industri sepakbola. Semua klub termasuk salah satunya Arema Cronus mulai merasakan dampak perkembangan industri sepakbola yang terjadi di Indonesia. Era industri sepakbola yang paling terlihat adalah dengan adanya pengelolaan klub yang bersifat profesional dan adanya komodifikasi pada pemain sepakbola. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami Arema Cronus sebagai industri sepakbola, serta memahami pengelolaan keuangan dan akuntabilitas yang dilakukan Arema Cronus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah multiple resource dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sebagai instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri (human instrument) yang berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulannya atas temuannya. Lokasi untuk penelitian ini berada di kantor manajemen Arema Cronus Jl. Kertanegara No 7 Kota Malang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, Arema Cronus adalah salah satu klub sepakbola di Indonesia yang telah memanfaatkan sepakbola sebagai sarana bisnis untuk memperoleh suatu keuntungan. Arema Cronus terus berbenah menuju pengelolaan yang profesional. Pengelolaan keuangan adalah tuntutan dalam perkembangan di industri sepakbola. Arema Cronus melakukan pengelolaan keuangan agar manajemen klub dapat mengambil suatu keputusan dalam menentukan tujuan yang harus dicapai. Pengelolaan keuangan mengharuskan Arema Cronus melakukan akuntabilitas kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan Arema Cronus. Arema Cronus juga melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk akuntabilitas kepada masyarakat secara umum.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *