Kajian Semiotik Laporan Tahunan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Sebelum dan Setelah Menjadi Pemenang Dalam Annual Report Award

Pradana, Fadllillah Afiza. 2016. Kajian Semiotik Laporan Tahunan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Sebelum dan Setelah Menjadi Pemenang Dalam Annual Report Award. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak., (2) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak., CA

Kata Kunci: Kajian Semiotik, Sintaksis, Semantik, Pragmatik.

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengangkat teori semiotik yang merupakan teori yang berasal dari ilmu sastra. Fokus penelitian ini adalah mengkaji narrative text dan nominal laporan keuangan yang terdapat pada annual report Bank BRI dengan menggunakan ketiga tahap teori semiotik yaitu tahap sintaksis, tahap semantik, dan tahap pragmatik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah narrative text dan nominal laporan keuangan yang terdapat dalam annual report Bank BRI tahun 2012 untuk digunakan dalam analisis sintaksis dan semantik; dan laporan keuangan dalam annual report Bank BRI tahun 2013 untuk digunakan dalam analisis pragmatik. Data diperoleh dari situs resmi Bank BRI, yaitu www.bri.go.id.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan paradigma interpretif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis. Analisis data dilakukan dengan cara memaparkan data yang dikaji dengan teori semiotik kemudian dilakukan konfirmasi dengan penelitian terdahulu.
Hasil penelitian ini adalah: (1). Secara sintaksis, peneliti menjelaskan kesinambungan antar narrative text yang disampaikan oleh Bank BRI dalam annual report nya yaitu narrative text yang membahas pencapaian-pencapaian yang didapatkan oleh Bank BRI beserta usaha-usaha yang dilakukan oleh Bank BRI untuk mewujudkan pencapaian-pencapaian tersebut. Analisis ini juga menjelaskan hubungan logis antara ketiga komponen laporan keuangan Bank BRI. (2). Secara semantik, peneliti memaknai bahwa Bank BRI berusaha mendesain kata-kata sedemikian rupa dalam setiap narrative text nya dengan tujuan untuk memperoleh legitimasi dari stakeholders nya. Analisis semantik juga menjelaskan bahwa kenaikan nominal laporan keuangan Bank BRI dimaknai sebagai keberhasilan Bank BRI dalam menguasai pangsa pasar (3). Secara pragmatik, analisis ini menunjukkan bahwa informasi narrative text dalam annual report Bank BRI tahun 2012 memiliki dampak positif pada annual report Bank BRI tahun 2013 yaitu naiknya aset dan laba bersih Bank BRI. Naiknya aset dan laba bersih ini menunjukkan bahwa stakeholder Bank BRI menerima dan memanfaatkan informasi yang berasal dari narrative text dalam annual report Bank BRI tahun 2012 baik yang bersifat informasi operasional dan pemasaran Bank BRI maupun informasi yang bersifat retorika. Nominal likuiditas yang mendominasi aset juga mempengaruhi citra Bank BRI yaitu masyarakat terutama nasabah Bank BRI akan menaruh kepercayaan yang besar terhadap Bank BRI karena rasio hutang yang besar menandakan bahwa Bank BRI memiliki dana yang besar untuk segera melunasi hutang-hutangnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *