Preaload Image

Keseruan Peringatan Maulid Nabi dan HSN 2021 TPQ se- Desa Pandanrejo guna Mewujudkan SDGs ke 10 dan 4 yaitu Reduced Inequality dan Quality Education

Maulid Nabi Muhammad atau Maulud merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad S.A.W yang jatuh setiap 12 Rabiul Awal menurut penanggalan hijriyah. Peringatan ini merupakan bentuk syukur atas kelahiran Nabi Muhammad yang menyampaikan indahnya Islam kepada umatnya.  Mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam ikut memeringati Maulid Nabi Muhammad dan Hari Santri Nasional (HSN) seperti yang diselenggarakan oleh tim Membangun Desa Universitas Negeri Malang (UM) yang bekerja sama dengan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) se-Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.  Kegiatan ini dilakukan oleh tim pengabdian Akuntansi yang bekerjasama dengan mahasiswa KKN UM. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung terwujudkan SDGs 4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan SDGs 10 yaitu Mengurangi Ketimpangan.

eringatan Maulid Nabi Muhammad dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang diselenggarakan pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 di Gedung Rakyat Desa Pandanrejo mengusung tema Semangat Religi Membangun Generasi yang Islami di Era Pandemi. Dalam peringatan ini diisi dengan beberapa kegiatan perlombaan, yakni lomba mewarnai, menggambar kaligrafi, adzan, tartil putra, serta tartil putri. Perlombaan ini diikuti oleh 7 TPQ yang ada di Desa Pandanrejo, yaitu TPQ Darun Nashihin, TPQ Hidayatullah, TPQ Al-Hakim, TPQ Al-Irsyad, TPQ Nurul Kamil, TPQ Al-Fatah Rohmi, serta TPQ Al-Muttaqin dengan total peserta 65 anak. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Ustadz-Ustadzah TPQ se-Desa Pandanrejo dan dibuka oleh Ustadz Achmad Rozikin selaku koordinator TPQ se-Desa Pandanrejo.

       Perlombaan yang dimulai sejak pukul 08:00-11:30 WIB ini berjalan lancar dan sukses dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Anak-anak yang mengikuti perlombaan merupakan santriwan dan santriwati terbaik dari masing-masing TPQ yang telah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Peserta lomba sangat antusias untuk memperebutkan juara dari masing-masing bidang perlombaan, dimana TPQ yang mendapat kemenangan terbanyak akan membawa pulang piala bergilir sebagai simbol juara umum, dan pada perlombaan kali ini TPQ Darun Nashihin dinobatkan sebagai juara umum dalam Festival Lomba Islami: Semangat Religi Membangun Generasi Islami yang Berprestasi di Era Pandemi.

Translate »
Skip to toolbar