Preaload Image

Kolaborasi Empat Fakultas, Mahasiswa Departemen Akuntansi Raih Silver Medal dalam World Invention Convention and Exhibition yang Diselenggarakan oleh The College Segi Universiti Kota Damansara Malaysia

Yongky Teguh Setiaji, mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2019. Berkolaborasi dengan tiga mahasiswa dari fakultas yang berbeda, Yongky dan tim berhasil meraih silver medal dalam World Invention Convention and Exhibition (WICE) yang diselenggarakan oleh The College Segi Universiti Kota Damansara Malaysia. Tim kolaborasi mahasiswa ini terdiri dari Yongky Teguh Setiaji dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Riko Rahmad Adriansyah dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Gary Dwi Primastio dari Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi), dan Naufal Yuan Nabila dari Fakultas Sastra (FS) dan dibimbing oleh salah satu dosen muda Departemen Akuntansi, Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun.

Paper yang diajukan dalam kompetisi di tingkat Internasional tersebut berjudul “Pra-Desa: MSME Empowerment Program Innovation Based on E-Commerce Marketing Towards Economics Independence”. Judul tersebut dilatarbelakangi dengan adanya tuntutan zaman yang serba digital dan mengharuskan potensi-potensi besar yang ada di Desa perlu disebarluaskan melalui e-commerce. Menurut Yongky, topik tersebut cukup menarik untuk dibahas, terlebih di ranah Internasional.

“Topik paper kali ini adalah e-commerce dimana potensi-potensi besar di desa disebarluaskan melalui e-commerce. Menurutku, e-commerce menjadi topik menarik untuk dibahas terlebih di tingkat Internasional,” jelas Yongky.

Pengalaman pertama berkompetisi di tingkat Internasional tidak membuat Yongky patah semangat meskipun berhadapan dengan lebih dari 340 peserta dari 25 negara, seperti United States of America, Republic of Korea, South Africa, United Arab Emirates, India, Turki, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Saling support dan fokus dengan pembagian tugas masing-masing menjadi kunci yang mereka pegang hingga akhirnya bisa mendapatkan silver medal di kompetisi Internasional tersebut.

“Pengalaman pertama di Internasional tentu istimewa, ya. Kita saling support dan ada pembagian tugas, ada yang menulis, translate, presentasi, dan proofread,” ungkap Riko Rahmad Adriansyah.

 Pengalaman berkolaborasi antara empat fakultas dan berhasil meraih silver medal di ranah Internasional tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Yongky dan tim. Prestasi gemilang tersebut diapresiasi begitu banyak pihak, seperti dosen pembimbing Yongky dan tim yaitu Ibu Miranti dan juga Ketua Departemen Akuntansi, Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak., CSRS. Dosen yang kerap disapa Bu Tia tersebut mengungkapkan rasa bangga yang luar biasa atas suksesnya kolaborasi empat fakultas ini di tingkat Internasional.

“Bangga banget ya pastinya. Ini sungguh luar biasa, kolaborasi yang keren dengan silver medal  di tingkat Internasional. Prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa Departemen Akuntansi itu keren. Sekali lagi, selamat dan sukses buat Yongky dan tim. Harapannya ini bisa menjadi contoh dan motivasi mahasiswa lainnya untuk bisa menorehkan prestasi seperti Yongky dan timnya,” pungkas Dr. Satia.

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntansi, 2022)

 

Translate »
Skip to toolbar