Preaload Image

Kontribusi Mendukung SDGs: Partisipasi Aktif Tim Pengabdian FEB Universitas Negeri Malang dalam Menyukseskan Program Vaksinasi COVID-19 di Desa Gedogwetan

Turen, – Kelompok mahasiswa UM melaksanakan kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Membangun Desa di salah satu desa yang berada di Kecamatan Turen, Desa Gedogwetan. Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2021 dan 2022

Tepat setelah mendapatkan perizinan dan diterima oleh pihak desa, kelompok MBKM Membangun Desa di Gedogwetan ini langsung membantu pihak desa dalam penyelenggaraan program vaksinasi massal.

Vaksinasi ke depan dilakukan dengan target sasaran 1300 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Gedogwetan dengan jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovac. Tidak hanya pihak desa dan juga kelompok mahasiswa, namun juga sejumlah pihak turut serta mensukseskan kegiatan tersebut.

Kegiatan vaksinasi ini disambut baik oleh masyarakat terbukti dengan antusias warga berbondong-bondong hadir di balai desa guna mengikutinya. Bahkan pada akhir kegiatan ternyata jumlah sasaran yang mengikuti vaksin melebihi dari target awal yang ditentukan.

Yang menjadikan Desa Gedogwetan berbeda dari desa lainnya adalah dimana minimal satu hari sebelum pelaksanaan program vaksinasi berlangsung, pihak desa akan membuat undangan vaksinasi bagi warganya yang akan disebar dengan bantuan dari masing-masing ketua RT dan RW.

Dalam persiapan pembuatan undangan pun pihak desa dibantu oleh kelompok mahasiswa MBKM Membangun Desa dari UM. Dengan adanya undangan yang dibuat dimaksudkan untuk mengetahui siapa saja warga yang belum mengikuti kegiatan vaksinasi yang diadakan. Sehingga bisa disebut bahwa hal ini merupakan bentuk pengendalian yang dilakukan oleh pihak perangkat desa.

Setelah sukses pada kegiatan vaksinasi pertama tersebut, maka dilaksanakan kembali program vaksinasi kedua dengan dosis vaksin yang diberikan masih tetap sinovac dan target sasaran sebanyak 500 orang.

Seperti sebelumnya kelompokmahasiswaMBKM Membangun Desa dari UM turut serta membantu pada bagian pendaftaran, pengarahan rute vaksinasi, pencatatan, dan juga penginputan data pada web Primary Care BPJS Kesehatan.

Tidak hanya sekali dua kali program vaksinasi dilaksanakan, 3 tahap lagi dengan dosis vaksin yang diberikan bergantian dari Sinovac, Astra Zenecca, dan juga Pfizer bertempat di balai desa gedogwetan dengan kuota sebanyak 300 orang, 200 orang dan 120 orang.

Setelah dilaksanakan beberapa kali di balai desa dan peserta yang datang semakin sedikit dari kuota yang diberikan maka kegiatan vaksin dilaksanakan secara door to door atau dengan mendatangi warga yang belum melakukan vaksin di balaidesa.

Seiring dengan program vaksinasi yang gencar dilakukan oleh pihak desa dan juga bantuan dari berbagai pihak diharapkan bahwa desa gedogwetan telah mencapai presentase lebih dari 70% total warga untuk yang sudah melaksanakan vaksin. Sehingga dengan begitu pelayanan desa akan berjalan lancer sesuai dengan ketetapan dari pemerintah.

Partisipasi aktif Kelompok KKN Universitas Negeri Malang di Desa Gedogwetan terinspirasi dari upaya tercapainya SDGs 3 untuk mencapai Desa Sehat dan Sejahtera.

Translate »
Skip to toolbar