Preaload Image

Kontribusi pada SDGs, Tim MBKM Lakukan Pendampingan Pengubahan Perilaku Menabung

im Pengabdian FEB UM bekerjasama dengan KKN MBKM melakukan kegiatan literasi keuangan untuk anak SD yang telah dilaksanakan di Desa Jatirejoyoso. Kelanjutan dari program lokakarya pentingnya menabung tersebut adalah pendampingan kepada masing-masing peserta, untuk melatih kebiasaan menabung sejak dini. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi tim dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4 (Pendidikan Berkualitas), dan juga nomor 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Kerjasama dilakukan dengan menghubungkan peserta, pihak sekolah, dan juga orang tua siswa. 

“Program Kerja Pengubahan Perilaku ini penting dilakukan untuk mendampingi adik-adik peserta lokakarya (pentingnya menabung) kemarin Harapannya orang tua juga dapat terlibat dalam membiasakan anaknya untuk menghemat uang saku. Pihak sekolah juga mendukung hal ini, dengan memberikan informasi lebih lanjut terkait akses ke orang tua siswa” ungkap tim pengabdian.’

Pencapaian SDGs 8 (Decent work and Economic Growth) juga diharapkan dapat tercapai dengan mulai adanya kesadaran partisipan yang mulai terbentuk dari perilaku berhemat ini. 

“Sebelumnya anak saya gak pernah menabung, tapi karena ada program dari adik – adik mahasiswa ini anak saya jadi semangat menabung karena mau dikasih hadiah katanya” ucap ibu dari Teo, salah satu partisipan.

Sikap bijak dalam mengelola keuangan ini nantinya akan mendukung generasi yang terliterasi sehingga lebih matang dalam mengambil keputusan ekonomi. Lapangan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat terwujud, dari rangkaian kegiatan literasi keuangan tersebut.

Translate »
Skip to toolbar