Preaload Image

Mahasiswa Departemen Akuntansi Raih Juara 2 Essay Competition dalam Entrepreneurship Festival 2022 yang Digelar oleh Inkubator Bisnis FEB Unsyiah

Arif Nur Prastyaji, mahasiswa program studi S1 Akuntansi angkatan 2021 berhasil meraih juara 2 kategori Essay Competition dalam Entrepreneurship Festival yang diselenggarakan oleh Inkubator Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala pada September lalu. Dalam kompetisi di tingkat nasional kali ini, bersama salah satu dosen Departemen Akuntansi, Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd., Arif menyusun essay berjudul “GO-Sip (Go Entrepreneurship): Pembangunan UMKM Digital Melalui Pemuda Guna Meningkatkan Pemerataan Ekonomi Masyarakat Pedesaan”.

Penyusunan essay dengan topik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) digital tersebut berkaca pada keadaan UMKM di desa yang masih belum merata dengan segala potensi besarnya. Sehingga, dengan adanya permasalahan tersebut, Arif berpikir untuk berinovasi guna memberikan edukasi kepada UMKM di desa untuk goes to digital

“Seperti yang kita lihat kalau UMKM di kota dan desa itu berbeda. Di kota itu sudah tinggi keberhasilannya, di tiktok, twitter, shopee. Nah, kalau di desa kan belum merata padahal di desa juga memiliki potensi besar. Jadi, ingin berinovasi untuk memberi edukasi kepada teman-teman UMKM di desa untuk goes to digital,” jelas mahasiswa yang kerap disapa Arif tersebut.

Menurut Arif, topik UMKM Desa untuk goes to digital ini sangat menarik, karena essay yang disusun tersebut nantinya akan melibatkan kaum muda dalam mengangkat perekonomian pedesaan khususnya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah. Ketertarikannya dalam UMKM Desa yang dituangkan dalam bentuk essay tentu tak lepas dari kendala selama proses penyusunannya. Kendala yang dialami, seperti kurangnya kejelian dalam research masalah. Namun, kendala tersebut diatasi dengan sering berkonsultasi kepada dosen pembimbingnya, yaitu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd.

Dr. Makaryanawati, S.E., M.Si., Ak., CA., CSRS. selaku Koordinator Program Studi S1 Akuntansi mengapresiasi perolehan prestasi mahasiswanya tersebut. Beliau berharap bahwa mahasiswa Departemen Akuntansi bisa terus berprestasi baik di tingkat Nasional atau bahkan Internasional.

“Selamat dan sukses atas prestasinya, semangat untuk terus menorehkan prestasi di tingkat Nasional atau bahkan Internasional. Semoga prestasi-prestasi yang telah diperoleh mahasiswa akuntansi ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi juga,” ungkap Dr. Makaryanawati.

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntansi FEB UM 2022)

Translate »
Skip to toolbar