Preaload Image

Manfaat Pembuatan Video Profil Desa Dadaprejo guna Membantu Pembangunan Desa yang Berkelanjutan Untuk SDGs 11: Mahasiswa MBKM UM

Dadaprejo merupakan sebuah kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Kelurahan ini memiliki empat dusun yang terdiri dari Dusun Areng-areng, Dusun Dadaptulis Dalam, Dusun Dadaptulis Utara, dan Dusun Karangmloko. Dadaprejo merupakan Kelurahan wisata yang dikenal dengan nama Wisata Eduaksi Dadaprejo (WED). Terdapat 3 potensi yang menjadi ikon Wisata Eduaksi Dadaprejo, yaitu DD Orchid Nursery, Kreasi Kriya Nusantara, dan Sentra Batik Dadaprejo.

Potensi diatas berhubungan dengan penerapan Sustainable Development Goals (SDGs)   poin ke 11 yaitu tentang kota dengan komunitas yang berkelanjutan. Karena masyarakat di desa Dadaprejo telah merealisasikan secara nyata melalui beberapa komunitas atau organisasi seni yang telah dibangun didesa tersebut yaitu DD Orchid Nursery, Kreasi Kriya Nusantara, dan Sentra Batik Dadaprejo. Komunitas tersebut diharapkan terus berkembang dalam rangka mempertahankan kearifan lokal dan meningkatkan perekonomian desa Dadaprejo. Namun dengan beberapa potensi yng dimiliki oleh desa Dadaprejo masih belum terekspos secara luas, sehingga belum banyak diketahui oleh masyarakat luar bahwa desa Dadaprejo memiliki potensi dan pesona yang cukup menarik.

Guna memperkenalkan potensi dan peson kelurahan Dadaprejo agar lebih dikenal oleh khalayak umum, mahasiswa MBKM-Membangun Desa Jurusan Akuntansi Um memiliki program kerja yang berupa pembuatan video profi kelurahan, sekaligus bentuk pengabdiannya.

Pembuatan video profil ini dilaksanakan selama kegiatan MBKM berlangsung yaitu 4 November 2021 hingga 14 Januari 2022. Adapun tahapan pembuatan video profil terdiri diri tahap pengambilan video dan tahap editing. Proses pembuatan video profil dimulai dengan pengambilan video di DD orchid Nursery. Selanjutnya pengambilan video profil berada di Sentra Batik Dadaprejo, Kreasi Kriya Nusantara

dan beberapa wilayah di Kelurahan Dadaprejo seperti taman-taman, masjid dan sekolah-sekolah. Pengambilan video yang dilakukan menggunakan kamera smartphone maupun menggunakan kamera DSLR. Adapun pada tahap editing menggunakan aplikasi adobe premiere dan menghasilkan video profil Kelurahan Dadaprejo dengan durasi 5 menit.

Dalam video profil ini terdapat beberapa informasi yang akan disampaikan, yang berupa pengenalan, asal-usul atau sejarah, kondisi demografis, data penduduk, sarana prasarana hingga potensi dari Kelurahan Dadaprejo yang berupa Wisata Eduaksi Dadaprejo. Dengan adanya video profil kelurahan ini, diharapkan dapat menjadi branding bagi Dadaprejo.

Kemudian terkait desa Dadaprejo yang memiliki wisata yang cukup beragam berhubungan dengan penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke 9 yaitu infrastuktur, industri dan inovasi. Dimana dengan adanya video profil dari beragamnya wisata di desa tersebut dapat menarik wisatawan dari berbagai macam daerah. Sehingga industri lokal daerah tersebut bisa lebih maju dan menambah lapangan kerja dan penghasilan bagi masyarakat di desa Dadaprejo. Untuk meningkatkan ketertarikan wisatawan, maka perlu adanya dukungan pemerintah dalam hal pengembangan infrastruktur dan melakukan pembangunan yang berkelanjutan.

Sehingga pesona-pesona yang ada di kelurahan Dadaprejo dapat lebih dikenal, tidak hanya di dalam negeri tapi hingga mancanegara. Mengingat arus penyebaran media informasi dapat diakses dengan mudah melalui jejaring media sosial.

Translate »
Skip to toolbar