Preaload Image

Paper Berjudul “Stereotip Akuntan dalam Film” Berhasil Meraih Best Paper 1 Offline dalam Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XXV Kendari 2022

Seorang mahasiswi S1 Akuntansi angkatan 2018 bernama Miftahul Jannah bersama salah satu dosen Departemen Akuntansi, Ani Wilujeng Suryani, S.E., M.AcctgFin., Ph.D berhasil meraih Best Paper 1 Offline dalam Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XXV Kendari 2022 dengan judul paper “Stereotip Akuntan dalam Film”. 

Ani Wilujeng Suryani, S.E., M.AcctgFin., Ph.D. merupakan dosen pembimbing Miftahul Jannah dalam menyusun skripsi, yang di setiap tahunnya Ani selalu mengikutkan mahasiswa bimbingannya untuk ikut berpartisipasi dalam Simposium Nasional Akuntansi (SNA) yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd). Perhelatan Simposium Nasional Akuntansi yang diselenggarakan di Kendari kali ini, Ani mengajak mahasiswi bimbingannya, Miftahul Jannah untuk ikut serta.

Paper berjudul “Stereotip Akuntan dalam Film” yang diajukan tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan akuntansi yang selalu meningkat setiap tahunnya, namun Indonesia masih kekurangan jumlah akuntan dalam jumlah besar. Hal itu menjadi perhatian tersendiri bagi mahasiswi berkacamata tersebut dan pada akhirnya Miftahul Jannah mengangkat topik stereotip akuntan dalam film menjadi topik skripsi sekaligus topik paper yang diikutsertakan dalam Simposium Nasional Akuntansi (SNA) tahun ini.

“Dulu pengen mengerjakan skripsi dengan menyenangkan. Kata Bu Ani, cari judul yang disukai dan tidak perlu ilmiah tidak masalah karena banyak artikel dengan judul menarik meskipun bukan ilmiah. Aku tertarik meneliti stereotip akuntan, terus banyak jumlah lulusan akuntansi yang selalu meningkat setiap tahun, tetapi Indonesia masih kekurangan akuntan dalam jumlah besar. Menarik, dan hingga akhirnya tahun ini dipercaya ikut SNA bareng Bu Ani,” jelas Miftahul Jannah.

Proses penelitian yang cukup panjang dan banyak tantangan yang telah dilewati membuat mahasiswi tersebut menerima tawaran dosen pembimbingnya untuk ikut serta dalam Simposium Nasional Akuntansi (SNA) tahun ini. Meskipun awalnya merasa ragu, namun keraguan itu berubah menjadi percaya diri dengan adanya dukungan dari Ani Wilujeng. Keraguan itu perlahan menghilang, terlebih saat ia mendapatkan kabar bahwa paper berjudul “Stereotip Akuntan dalam Film” itu berhasil lolos untuk dipresentasikan secara langsung di Kendari, Sulawesi Utara.

“Awalnya sih ragu, tetapi karena dukungan Bu Ani aku berani coba. Waktu lolos untuk presentasi aja udah senang banget, apalagi waktu dikabarin Bu Ani kalau berhasil jadi Best Paper 1,” ungkapnya.

Begitu banyak doa dan ucapan selamat dari para dosen Departemen Akuntansi yang ia terima. Tak lupa juga, Dr. Makaryanawati, S.E., M.Si., Ak., CA. selaku Koordinator Program Studi S1 Akuntansi juga turut memberikan selamat dan mengapresiasi prestasi mahasiswanya di Simposium Nasional Akuntansi tahun ini. 

“Sekali lagi selamat untuk Miftahul Jannah dan juga Bu Ani Wilujeng atas prestasinya di SNA tahun ini. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa dan dosen Departemen Akuntansi FEB UM memang luar biasa. Tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas yang dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang ditorehkan seperti dalam Simposium Nasional Akuntansi tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, berhasil menjadi Best Paper 1 dan presentasi secara langsung di Kendari, ini sangat luar biasa,” pungkas Dr. Makaryanawati.

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntasi, 2022)

Translate »
Skip to toolbar