Preaload Image

Pelatihan Desain untuk UMKM, Salah Satu Indikator Untuk Membantu Mewujudkan Konsep SDGs 8

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan sebuah program yang sejak 7 tahun lalu sudah diresmikan oleh para pemimpin dunia, tidak ketinggalan negara Indonesia juga ikut berperan dalam penerapan dan pelaksanaan konsep SDGs ini. Negara Indonesia sendiri ikut serta menerapkan konsep SDGs yang berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai untuk kedepannya. Tentunya untuk merealisasikan agar terwujudnya tujuan-tujuan dan target dari SDGs sendiri tidaklah mudah, butuh dukungan dari berbagai lapisan kalangan masyarakat agar terciptanya konsep SDGs di Indonesia. Salah satu wujud nyata dalam partisipasi guna mewujudkan penerapan dan pelaksanaan konsep SDGs ini ditunjukkan oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Negeri Malang, tepatnya dilakukan oleh Tim KKN Universitas Negeri Malang. Dimana Tim KKN ini melakukan sebuah upaya untuk membantu perwujudan dari salah satu tujuan konsep SDGs 8 yaitu “Decent work and economy growth”.

Wujud dari partisipasi yang diberikan oleh Tim KKN Universitas Negeri Malang adalah dengan melakukan sebuah pelatihan desain untuk UMKM. Hal ini ditujukan sebagai bentuk kepedulian terhadap akselerasi dan transformasi digitalisasi serta perwujudan salah satu tujuan dari konsep SDGs, Tim KKN Universitas Negeri Malang menyelenggarakan pelatihan desain yang menyasar kepada UMKM yang ada di Desa Ngingit. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan dasar mengenai pengaplikasian desain grafis untuk mengembangkan usaha mikro yang ada di Desa. Pelatihan ini diadakan untuk membantu UMKM penghasil produk susu sapi segar agar mampu membuat logo dan mendesain kemasan agar terlihat lebih rapi dan menarik minat pembeli. Selain itu logo juga berfungsi sebagai identitas yang nantinya akan diingat oleh para pembeli, hal ini dimaksudkan agar minat konsumen terhadap pembelian produk susu sapi menjadi lebih meningkat.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemberian materi mengenai “Basic Editing” yang berfokus pada pengenalan tools yang akan digunakan untuk membuat logo. Pelatihan ini memanfaatkan sebuah platform online editing yaitu Canva yang dapat diakses melalui Handphone maupun laptop. Alasan pemilihan Canva sebagai media editing yaitu karena Canva memiliki user interface yang sangat simple serta mudah untuk dipahami pengguna awam.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai cara membuat logo yang mudah untuk orang awam. Dimana dalam platform Canva telah tersedia ratusan logo gratis yang dapat langsung di edit dan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan tampilan logo pengguna. Logo yang akan dicetak, tidak boleh dibuat sembarangan karena setiap desain logo mempunyai filosofi serta Brand Identity sesuai dengan jenis usaha yang dimiliki.

Kegiatan ini diakhiri dengan praktek pembuatan logo yang didampingi secara langsung oleh Tim KKN Universitas Negeri Malang. Pembuatan logo sebagai output akhir kegiatan ini membutuhkan waktu yang sedikit lama, karena dilakukan sesi konsultasi serta deskripsi singkat mengenai usaha yang dijalankan untuk dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan filosofi logo dengan tujuan agar logo yang telah dibuat memiliki ciri khas dan identitas dari UMKM Susu Segar yang ada di Desa Ngingit

“Alhamdulillah ada adik-adik yang bantu saya membuatkan desain logo dan kemasan buat usaha susu sapi perah saya” kata pemilik usaha.

Owner UMKM Susu Segar nampak antusias dalam menerima materi yang disampaikan oleh tim KKN Universitas Negeri Malang dan menyimak seluruh materi yang diberikan. Pelatihan Desain ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pemilik usaha serta dapat berpengaruh positif terhadap bisnis susu segar yang sedang dijalankan dan sedikit banyak dapat membantu mewujudkan konsep SDGs yaitu decent and economy growth. Dengan dikuasainya ilmu desain grafis maka UMKM akan selangkah lebih maju dan siap untuk menyambut era industry 4.0 yang serba digital serta terwujudnya perekonomian yang lebih baik untuk kedepannya.

Translate »
Skip to toolbar