Pemahaman Guru Terhadap Evaluasi Hasil Belajar Siswa Di SMK Jurusan Akuntansi Kota Malang

Utami, Meliana Dwi. 2016. Pemahaman Guru Terhadap Evaluasi Hasil Belajar Siswa Di SMK Jurusan Akuntansi Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Evaluasi Hasil Belajar Siswa

Evaluasi hasil belajar suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai keberhasilan belajar peserta didik setalah mengalami proses belajar pada satu periode tertuntu. Dalam hal ini guru akuntansi sebagai unsur utamanya. Jika guru memahami evaluasi hasil belajar maka guru dapat memahami keefektifan dan efisiensi sistem pembelajaran. Pemahaman guru mengenai evaluasi hasil belajar dapat dilihat dari pernyataan guru mengenai prosedur evaluasi, ranah kognitif, ciri tes yang baik, dan analisis butir soal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang evaluasi hasil belajar berdasarkan pengalaman subjektif informan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi transendental. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari guru akuntansi di SMK se–Kota Malang . Melalui teknik purposive, diperoleh 7 orang informan, meliputi 5 orang dari SMK Swasta dan 2 orang guru SMK Negeri. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru memahami tujuan evaluasi hasil belajar, 2) guru memahami tentang prosedur alat evaluasi, 3) guru mengetahui jenis teknik tes, 4) pemahaman guru yang kurang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir siswa, 5) guru tidak memahami ciri–ciri tes yang baik tetapi memahami indikator utama ciri tes yang baik, 6) guru tidak membuat analisis butir soal karena tidak ada tuntutan pengawas dan keterbatasan waktu, 7) guru tidak mengetahui cara mencari daya pembeda, 8) guru tidak mengetahui cara mencari tingkat kesukaran.
Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini ialah: 1) bagi guru pemahan evaluasi hasil belajar sangat diperlukan untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi pembelajaran baik tentang materi, metode, dan media, 2) bagi pihak lembaga, pihak lembaga diharapkan memberikan fasilitas pelatihan tentang prosedur evaluasi hasil belajar kepada guru, dan 3) bagi peneliti selanjutnya, berkaitan dengan fokus penelitian, sebaiknya memilih salah satu komponen evauasi hasil belajar agar dapat menggali informasi yang lebih banyak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *