Pemahaman Informasi Keuangan oleh Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kripik Tempe di Sanan

Rakhman, Moch. Aulia. 2016. Pemahaman Informasi Keuangan oleh Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kripik Tempe di Sanan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sri Pujiningsih, S.E, M.Si, Ak., (II) Eka Ananta Sidharta, S.E, M.M. C.A.

Kata Kunci : Informasi Keuangan, UMKM

Informasi Keuangan merupakan sebuah laporan yang memuat informasi keuangan sebuah entitas pada suatu periode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman pelaku UMKM mengenai informasi keuangan dan praktik akuntansi yang terjadi pada pelaku UMKM.
Penelitian adalah penelitian kualitatif diskriptif yang diadakan pada para pelaku UMKM yang berada di sentra industri kripik Tempe Sanan. Proses observasi dilakukan secara langung pada tempat usaha para pelaku UMKM. Data penelitian didapatkan melalui proses wawancara dengan narasumber dan observasi dokumen – dokumen terkait.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilik UMKM memahami dan menganggap penting mengenai laporan keuangan dan ingin menerapkannya pada usahanya, namun terkendala beberapa masalah. Pada kripik Tempe Amel, praktik pencatatan keuangan dilakukan hanya untuk sebatas mencacat hutang. Sedangkan di tempat Said dan Rizky Barokah tidak melakukan pencatatan. Selain itu, untuk peminjaman modal ke bank, para pelaku tersebut tidak menunjukan laporan keuangan atau data yang menunjukan pendapatan mereka namun hanya dengan survey, aktivitas rekening, dan jaminan.
Bagi pemilik usaha diharapkan pemilik usaha lebih melakukan praktik Akuntansi untuk mendapat manfaat yang lebih banyak dan untuk kemajuan UMKM. Bagi pembuat regulasi diharapkan mampu memberikan solusi dalam praktik secara nyata dalam UMKM, salah satu nya dengan pelatihan yang diberikan kepada karyawan UMKM, tidak hanya pada pemilik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *