Preaload Image

PEMBUATAN VIDEO PROFIL DESA SEBAGAI WUJUD LANGKAH SUKSESKAN SDGS 2030 OLEH TIM PENGABDIAN UM

Mahasiswa sebagai penggerak bangsa, berkewajiban untuk membawa perubahan bagi negara. Peran mahasiswa sangat penting, tentu saja. Kerja sama antara pemerintah dan mahasiswa yang baik sangat diperlukan saat ini terlebih keinginan pemerintah untuk menyukseskan program SDGs tahun 2030. Hingga saat ini pun pemerintah terus menggiatkan berbagai kegiatan dan meminta seluruh masyarakat berkontribusi secara langsung. Adanya program KKN merupakan ajang bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat guna membawa perubahan pada lingkungan yang baru. Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melaksanakan kegiatan KKN di desa Ngingit, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. Kegiatan tersebut didampingi oleh dosen Akuntansi yaitu sebagai pembimbing lapangan yaitu Ibu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa KKN UM melaksanakan program kerja untuk membuat video profil desa Ngingit. Pada video tersebut ditampilkan mengenai kehidupan masyarakat, pendidikan, dan perekonomian masyarakat desa Ngingit. Diketahui mayoritas pencaharian masyarakat desa Ngingit adalah sebagai petani dan pedagang.  Desa Ngingit memiliki fasilitas pendidikan mulai dari SD hingga SMA. Pengambilan gambar pada video profil tersebut dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa KKN UM yang berlangsung mulai tanggal 15 Juni hingga 27 Juli 2022. . Video profil yang berdurasi kurang dari 10 menit tersebut dikemas dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Video profil yang dihasilkan akan di unggah di media masa seperti YouTube dan Reel TikTok. Pilihan media masa tersebut diharapkan video profil desa Ngingit dapat dijangkau oleh khalayak luas. 

Pembuatan video profil desa Ngingit diharapkan dapat membantu mengenalkan potensi yang masih terolah dengan baik. Selain itu, diharapkan dapat mengangkat nama desa Ngingit agar lebih dikenal banyak orang sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen potensial. Diharapkan para calon konsumen potensial tertarik untuk berbelanja di UMKM yang ada di desa Ngingit. Hal ini sejalan dengan tujuan SDGs nomor 8 dan 11. Pendapatan yang didapat masyarakat dari hasil UMKM akan turut menyumbang pendapatan daerah desa Ngingit sehingga desa bisa membangun atau memperbaiki fasilitas desa guna menarik perhartian pelancong. Semakin dikenalnya desa Ngingit membawa dampak pada ketersediaan lapangan pekerjaan guna mengurangi angka pengangguran di desa Ngingit, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang.

Translate »
Skip to toolbar