Preaload Image

Pembukuan Keuangan untuk Turut Andil Mendukung SDGs dalam Peningkatan Kualitas Usaha

Salah satu capaian SDGs Desa Gedogwetan adalah mencapai indikator pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, tepatnya SDGs nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Sebagai Langkah turut serta menyukseskan indikator tersebut, maka Tim Pengabdian MBKM UM Desa Gedogwetan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang mengadakan program sosialisasi pembukuan keuangan bagi pelaku UMKM di Desa Gedogwetan. Kegiatan ini dilaksanakan di pendopo Balai Desa Gedogwetan dengan dihadiri oleh pelaku UMKM di berbagai unit usaha diantaranya industri tahu, industri sangkar burung, dan industri pandai besi. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4 juga diwujudkan dalam kegiatan ini, yaitu Pendidikan yang Berkualitas.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk membuka wawasan pelaku UMKM akan pentingnya pembukuan keuangan bagi keberlangsungan suatu usaha. Hal ini dikarenakan  masih banyak pelaku UMKM yang belum melakukan pembukuan keuangan terhadap usaha yang dijalankannya.  Sedangkan pembukuan keuangan menjadi hal yang krusial untuk mengetahui arus kas usaha serta proyeksi keberlangsungan usaha di masa depan. Oleh sebab itu, kegiatan sosialisasi ini menjadi suatu bentuk kepedulian serta perhatian lebih dalam peningkatan kualitas usaha pelaku UMKM Desa Gedogwetan.

Rangkaian kegiatan sosisalisasi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, penyampaian materi sosialisasi oleh narasumber yang berkaitan dengan pentingnya pembukuan keuangan bagi suatu usaha. Selain itu, juga disajikan beberapa contoh praktis alur pembukuan keuangan sederhana bagi usaha khususnya UMKM. Sesi kedua, tanya jawab antara pelaku UMKM dengan narasumber terkait permasalahan yang sedang dihadapi.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang cukup positif dari para peserta yang hadir. Antusiasme tersebut dibuktikan dengan keterlibatan peserta secara aktif dalam sesi tanya jawab. Selain itu, berdasarkan hasil angket yang disebar sebagai bahan evaluasi menunjukkan kegiatan ini sangat bermanfaat serta mendorong para pelaku usaha untuk melakukan pembukuan keuangan bagi usahanya. Hal ini dikarenakan sebagaian besar peserta bersedia untuk berpartisipasi menjadi peserta pendampingan pembukuan keuangan sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ini.

Diharapkan melalui kegiatan ini para pelaku UMKM Desa Gedogwetan semakin terdorong untuk melakukan pembukuan keuangan usahanya. Pembukuan keuangan usaha yang sistematik akan meningkatkan kualitas usaha serta kemudahan memperoleh pembiayaan dari pihak bank maupun swasta. Secara tidak langsung hal ini akan mendorong usaha untuk semakin tumbuh dan berkembang.

Translate »
Skip to toolbar